Tangki BBM Meledak Saat Dilas, 2 Korban Terpental hingga 50 Meter

Awal mula ledakan disebabkan karena percikan api yang ditimbulkan saat pengelasan menyambar tangki BBM yang saat itu dalam keadaan tertutup.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Feb 2018, 19:35 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2018, 19:35 WIB
20161109-Truk-Pengangkut-BBM-Semarang-Gholib
Ledakan tangki pengangkut BBM di Jalan Kawasan Industri Terboyo, Semarang. (Liputan6.com/Gholib)

Liputan6.com, Bandar Lampung - Sebuah tangki BBM (bahan bakar minyak) yang tengah diperbaiki meledak. Kejadian ini menyebabkan dua orang meninggal dunia di Kecamatan Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung, Senin pagi tadi sekitar pukul 10.15 WIB. Dua korban tewas itu diidentifikasi bernama Karyadi dan Ari.

"Awal mula ledakan disebabkan karena percikan api yang ditimbulkan oleh las menyambar tangki yang saat itu dalam keadaan tertutup," ucap Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kota Bandar Lampung, M. Rizki, Senin (26/2/2018), dilansir Antara.

Dia menjelaskan, dugaan sementara meledaknya tangki BBM di Jalan Zulkarnain Subing, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Telukbetung Timur itu disebabkan oleh percikan api las yang menyambar BBM yang menguap dari tangki.

Sebelum ledakan tangki BBM, kedua orang yang tengah memperbaiki yakni Karyadi dan Ari langsung tewas di tempat. Satu orang lainnya belum diketahui identitasnya sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

"Kita belum mengetahui isi dari tangki minyak tersebut, apakah solar atau bensin jenis pertalite," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 


2 Orang Tewas dan 1 Kritis

Truk Tangki Meledak
Truk tangki meledak akibat kecelakaan di Sidoarjo, JAwa Timur. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Adapun Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Murbani Budi Pitono mengatakan polisi mendapatkan laporan sekitar pukul 10.35 WIB dan langsung ke lokasi kejadian.

"Kita turunkan 30 personel, untuk membantu pengamanan lokasi sekitar dan juga arus lalu lintas," katanya.

Dia menjelaskan pula, dua orang yang meninggal dunia sempat terpental sejauh 50 meter dan satu orang lagi dalam keadaan kritis.

"Diduga karena minyak yang menguap, sehingga menimbulkan percikan api saat dilas dan terjadi ledakan," ujarnya.

Sejumlah saksi mengungkapkan, tangki BBM meledak saat sedang diperbaiki. Selanjutnya, muncul percikan api dan tidak lama kemudian langsung meledak. Tim Inafis Polresta Bandar Lampung pun menyelidiki di lokasi kejadian perkara.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya