Jokowi Kurbankan Sapi Metal di Sulsel dan Sulbar

Sebagaimana perayaan Idul Adha sebelum-sebelumnya, tahun ini Jokowi kembali menyumbang sapi untuk dikurbankan. Dua sapi jenis Simental disumbangkan Jokowi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

oleh Fauzan diperbarui 18 Agu 2018, 18:02 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2018, 18:02 WIB
Sapi simental yang dibeli Jokowi di Sulawesi Barat (Fauzan/Liputan6.com)
Sapi simental yang dibeli Jokowi di Sulawesi Barat (Fauzan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu 22 Agustus 2018 mendatang, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta keluarganya kembali menyumbang sapi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan, Abdul Azis menyebutkan sapi metal yang dibeli Jokowi di Sulawesi Selatan beratnya mencapai 920 kilogram. 

"Kalau melihat sapinya saya perkirakan 920 kilogram. Harganya  sekitar Rp 45 juta. Ini juga sudah dibahas di Jakarta sebelumnya," kata Abdul Azis beberapa waktu lalu. 

Dia juga mengatakan bahwa sapi metal yang dibeli dari Kabupaten Maros itu nantinya akan dipotong di Lapangan Karebosi, Kota Makassar. "Untuk di Sulsel akan diserahkan di lapangan Karebosi dan diwakili oleh Penjabat sementara Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono," jelasnya. 

Sementara di Sulawesi Barat, sapi metal yang disumbangkan Jokowi beratnya mencapai 1 ton. Sapi berumur 2,5 tahun itu dibeli dengan harga yang lumayan fantastis yakni Rp 67 juta. 

"Iya itu sapi saya, beratnya terakhir ditimbang itu sampai 1 ton, harganya Rp 67 juta," kata Ummi Kalsum, warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman yang sapinya dibeli oleh Jokowi. 

Ummi menjelaskan sapi metal miliknya itu awalnya dibandrol dengan harga Rp 70 juta. Tapi ia mengaku ikhlas melepasnya dengan harga lebih murah karena yang membelinya adalah orang nomor satu di Republik Indonesia. 

"Rasanya bercampur aduk. Sedih, bangga, bahagia," ucapnya. 

"Sedih karena sapi itu kami rawat sejak lahir, induknya saja masih ada sampai sekarang. Bangga dan bahagia karena yang beli adalah Pak Jokowi," tambah Ummi. 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perawatan Sapi Metal Jokowi

Sapi metal sumbangan Jokowi untuk warga Sulawesi Barat (Fauzan/Liputan6.com)
Sapi metal sumbangan Jokowi untuk warga Sulawesi Barat (Fauzan/Liputan6.com)

Terpisah, Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Polewali Mandar, Kaharuddin, mengatakan bahwa rencananya sapi itu nantinya akan disembelih di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. 

"Tahun lalu kan Kabupaten Polman (Polewali Mandar) sudah, tahun lalu sapinya dipotong di Masjid Merdeka. Rencananya tahun ini dipotong di Majene," ucapnya. 

Kaharuddin menambahkan semenjak sapi itu telah dibeli pihaknya telah meminta kepada orang yang merawat sapi itu untuk diberi pakan terbaik. Agar berat sapi itu bisa bertambah sebelum Idul Adha. 

"Saya sudah tugaskan anggota untuk pantau terus. Sapi itu kita minta diberi pakan terbaik, kita target beratnya bertambah sebelum disembelih," kata Kaharuddin kepada Liputan6.com. 

Sang pemilik sapi metal menjelaskan bahwa selama ini sapi itu memang telah diberi pakan terbaik. Pakannya itu antara lain adalah dedak halus, ampas tahu atau pelepah pisang. 

"Semua pakannya itu kita beli. Kita kasih makan tiga kali sehari. Tapi sesekali kita kasih makan rumput biar berimbang," jelas Ummi Kalsum.

Tak hanya diperhatikan soal pakannya. Sapi metal yang telah dibeli Jokowi itu juga diperhatikan kebersihannya. 

"Kita tiap hari memandikan sapi itu, selain itu kandangnya juga selalu kita bersihkan," Ummi memungkasi. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya