Berbagi Tips Menghijaukan Rumah dengan Hidroponik

Minimnya lahan bukan menjadi halangan untuk membuat lingkungan tetap asri.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 09 Jul 2020, 23:42 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2020, 22:32 WIB
Pertanian hidroponik. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Pertanian hidroponik. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

 

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan penduduk terus meningkat. Kebutuhan hunian pun terus bertambah hingga menyebabkan kebutuhan akan lahan semakin meningkat. Kondisi tersebut pada akhirnya berdampak pada menurunnya daya dukung lingkungan hidup kota karena ruang terbuka hijau berkurang.

Namun, minimnya lahan bukan menjadi halangan untuk membuat lingkungan tetap asri. Dewasa ini teknik urban farming banyak digandrungi masyarakat perkotaan, terlebih dengan situasi pandemi yang membatasi aktifitas di luar rumah sehingga perlujhy kegiatan positif di rumah. Salah satunya adalah menanam atau berkebun dengan teknik hidroponik.

Kelompok Mahasiswa Advertising & Marketing Communication Universitas Mercu Buana yang terdiri dari Bento Putra, Ayun Sri Damayanti, Kharisma Alam dan Imas Maryani membagikan tips dan trik melalui webinar untuk menghijaukan rumah dengan tanaman hidroponik.

Misalnya tips dan trik pengaplikasian teknik hidroponik sederhana yang bisa diterapkan dengan mudah di rumah dengan memanfaatkan limbah dari lingkungan sekitar. Sehingga selain dapat menghiiaukan lingkungan juga dapat mengurangi jumlah limbah yang ada.

Ada juga materi membuat botol bekas menjadi media tanam hidroponik yang disadur dari channel Youtube Hidroponikpedia. Mereka juga memberikan tips memilih bibit atau benih tanaman sebelum disemai dengan cara direndam dengan air terlebih dahulu, di mana bibit yang berkualitas baik biasanya tidak mengapung di air.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk Kuliah Peduli Negeri yang dilakukan mhasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta, sebagai pengabdian pada masyarakat. Meski di tengah keterbatasan kondisi terkait pandemi saat ini, kegiatan yang biasanya dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat digantikan dengan metode daring.

Harapannya, kegiatan webinar kali ini dapat menjadi inspirasi untuk dapat memanfaatkan limbah botol plastik dan styrofoam bekas menjadi lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar, dimulai dari menghijaukan rumah sendiri. Selain itu, masyarakat juga dapat mencari penghasilan tambahan melalui tanaman hidroponik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya