Waspada, Narkoba Berbentuk Perangko Terungkap di Makassar

Narkoba jenis LSD ini adalah jenis narkoba yang kerap digunakan kalangan publik figur.

oleh Fauzan diperbarui 22 Nov 2021, 22:30 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2021, 22:30 WIB
Satuan Narkoba Polrestabes Makassar gagalkan peredaran narkoba jenis LSD (Liputan6.com/Fauzan)
Satuan Narkoba Polrestabes Makassar gagalkan peredaran narkoba jenis LSD (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar menangkap seorang pemuda berinisial MZ di Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini, pada Selasa (16/11/2021) lalu. Pria berusia 19 tahun ditangkap lantaran kedapatan mengedarkan narkoba jenis Lysergic Acid Diethylamide atau LSD yang bentuknya mirip perangko. 

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, AKBP Yudi Frianto membenarkan ihwal penangkapan pengedar narkoba yang kerap digunakan oleh publik figur ini. Dia mengatakan bahwa pengungkapan peredaran narkoba jenis LSD ini merupakan pertama kali di Kota Makassar. 

"Pelaku ditangkap saat menjemput pesanan narkoba LSD-nya," kara Yudi kepada wartawan, Senin (22/11/2021). 

Usai menangkap MZ saat mengambil pesanan narkobanya, polisi lalu bergegas ke kediaman pemuda berusia 19 tahun ini. Saat menggeledah di kediaman MZ, polisi menemukan barang bukti lain. 

"Kita menemukan botol alkohol dan bungkusan Citric Acid serta tembakau rokok," ucap Yudi.

Setelah diinterogasi, MZ mengaku memesan barang haram tersebut dari temannya yang merupakan seorang mahasiswa di pulau Jawa. Ia lalu mengedarkan narkoba jenis LSD ini kepada pelanggannya melalui media sosial. 

"Dia beli dari temannya di Jawa dengan harga 4 juta per paket. Lalu dia jual di medsos seharga Rp150 ribu per lembar," sebut Yudi. 

Simak Video Pilihan Ini


Demi Biayai Persalinan Istri

Satuan Narkoba Polrestabes Makassar gagalkan peredaran narkoba jenis LSD (Liputan6.com/Fauzan)
Satuan Narkoba Polrestabes Makassar gagalkan peredaran narkoba jenis LSD (Liputan6.com/Fauzan)

Sementara itu MZ mengaku nekat menjual narkoba LSD karena dirinya sedang butuh biaya. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, ia juga menabung uang hasil penjualan narkoba itu untuk biaya persalinan istrinya yang tengah hamil. 

"Istri saya lagi hamil pak, jadi jual begituan (narkotika),"

Lysergic Acid Diethylamide atau LSD adalah narkotika sintetis yang dibuat dari sari jamur kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian. Asam lysergic dari jamur ini yang kemudian diolah menjadi LSD. 

Narkoba jenis ini juga memiliki beberapa nama lain di antaranya acid, sugar cubes, blotter dan lain sebagainya. LSD adalah jenis narkoba yang paling ampuh untuk mengubah suasana hati seseorang. Obat ini juga merupakan jenis halusinogen yang dapat memengaruhi mental seseorang. 

Orang yang mengonsumsi yang bentuknya mirip prangko ini pun akan berhalusinasi secara intensif dan menyebabkan pupil membesar, kenaikan pada tekanan darah, detak jantung, serta peningkatan suhu tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan pusing, sulit tidur, nafsu makan berkurang, mulut kering, berkeringat, mati rasa, kelemahan, dan tremor. Parahnya, lagi perasaan sekarat hingga menjadi gila.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya