Bonus Pemandangan Indah, Menko PMK Ajak Warga Mudik Lintas Pantai Selatan Jawa

Keberadaan jalur mudik pesisir pantai selatan Jawa belum dimaksimalkan kalangan pemudik, padahal sepanjang jalur itu dikenal memiliki infrastruktur jalan yang baik dengan pemandangan alam yang indah.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 30 Apr 2022, 05:00 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2022, 05:00 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy meminta kalangan media terus mengkampanyekan keutungan jalur mudik lintas pantai selat Jawa, khususnya jalur via Garut di wilayah pesisir selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Menko PMK Muhadjir Effendy meminta kalangan media terus mengkampanyekan keutungan jalur mudik lintas pantai selat Jawa, khususnya jalur via Garut di wilayah pesisir selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta kalangan media terus mengampanyekan keuntungan jalur mudik pantai selatan Jawa, khususnya jalur via Garut di wilayah pesisir selatan Jawa Barat.

"Saya meminta rekan-rekan wartawan ikut menyebarluaskan, mengampanyekan jalur pantai selatan yang sangat indah, mulus, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik ini," ujarnya dalam pengecekan jalur mudik di pos terpadu Limbangan Garut, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, keberadaan jalur mudik pantai selatan Jawa belum dimaksimalkan kalangan pemudik, padahal sepanjang jalur itu dikenal memiliki infrastruktur jalan yang baik dengan pemandangan alam yang indah.

"Tadi saya juga memantau lewat udara, memang jalur pantai selatan masih sepi," kata dia.

Muhadjir menyatakan, meskipun di beberapa titik masih ditemukan adanya blank spot dengan buruknya jaringan koneksi, tetapi hal itu bukan hambatan utama yang mengganggu pemudik saat melintasi jalur mudik pantai selatan Jawa.

"Sebenarnya sulitnya (jaringan) tidak lama, setelah itu akan mendapatkan jalan yang lurus tidak mendapatkan hambatan, mestinya ini kesempatan yang baik buat pemudik," ujar dia meyakinkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layak Dicoba

Menko PMK Muhadjir Effendy saat pantauan arus mudik di pos terpadu Limbangan, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat pantauan arus mudik di pos terpadu Limbangan, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dengan segudang kelebihan terutama saat mudik Nasional 2022 kali ini, Muhajir meminta semua pihak termasuk kalangan media, mampu mengajak pemudik mencoba jalur mudik pantai selatan Jawa.

"Mari yakinkan masyarakat agar lewat jalur selatan yang lebih nyaman indah sudah banyak warung yang tersedia," kata dia.

Sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan telah mengajak pemudik untuk menikmati sensasi jalur mudik pantai selatan Jawa. Selain infrastruktur yang mulus, panorama indah alam pantai Garut, menjadi bonus tersendiri bagi pemudik.

"Kami menyarankan ini adalah jalur yang bisa dilalui untuk pemudik dari Jakarta menuju ke Yogyakarta melalui jalur selatan, pemandangannya luar biasa," ujar dia.

Selain memiliki kontur jalan yang bagus dan keindahan pemadangan alam, pemudik bakal mendapatkan keamanan dengan kehadiran 4 kantor Kepolisian Sektor (Polsek), 4 kantor Komando Rayon Militer (Koramil), dan 3 kantor kecamatan, sepanjang jalur pantai selatan Garut.

"Nanti ada objek wisata pantai Puncak Guha bisa berhenti dulu di situ ada pemandangan yang bagus," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya