5 Desa Wisata Jawa Tengah, Wisata Keluarga dengan Harga Ramah

Berikut sederet desa wisata Jawa Tengah yang menarik dikunjungi para wisatawan

oleh Tifani diperbarui 25 Agu 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2022, 06:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengunjungi Desa Wisata Sembungan yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (4/7/2022) (Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengunjungi Desa Wisata Sembungan yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (4/7/2022) (Istimewa)

Liputan6.com, Yogyakarta - Desa wisata menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, desa wisata memberikan pengalaman wisata yang berbeda.

Desa wisata dapat menyajikan berbagai keunikan budaya lokal dan panorama alam menakjubkan. Salah satu wilayah yang memiliki desa wisata terbaik berada di Provinsi Jawa Tengah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet desa wisata Jawa Tengah yang menarik dikunjungi para wisatawan.

1. Desa Wisata Panusupan

Desa Wisata Panusupan menjadi salah satu wisata menarik yang berada di Purbalingga. Desa Wisata Panusupan terkenal karena keindahan alamnya.

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga ini mempunyai hawa sejuk karena berada di Dataran Tinggi Dieng. Menariknya, desa wisata ini dipenuhi oleh spot foto yang instagenic dengan pemandangan alam yang memang memukau.

Harga tiket masuk desa wisata ini dibanderol hanya Rp5.000 per orang. Sedangkan, untuk biaya parkir dibanderol Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Desa Wisata Lerep

2. Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep berada di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Desa ini terletak pada area perbukitan dengan pemandangan Gunung Ungaran yang memukau.

Desa Wisata Lerep masih memiliki alam yang asri, dan terdapat juga terdapat Air Terjun Indrokilo yang indah. Desa Wisata Lerep terdapat beragam keunikan budaya di desa ini yang dapat dijadikan daya tarik wisata setempat, berupa tradisi iridan, sadranan dan lainnya.

Harga tiket masuk tempat wisata ini dibanderol Rp20.000–Rp25.000. Desa Wisata Lerep dapat dikunjungi setiap hari, mulai pukul 08.00–17.00 WIB.

3. Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya hanya berjarak 3 km, yang masuk dalam Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Selain itu desa ini juga menghadirkan kenampakan alam yang sangat indah, serta budaya jawa masyarakat sekitar sangat kental.

Daya tarik wisata alam yang ada pada desa ini berupa Watu Kendil, serta hamparan sawah dan pemandangan Pegunungan Menoreh. Sedangkan, wisata budaya juga disajikan dengan melihat aktivitas masyarakat sekitar desa, serta yang tidak ketinggalan adalah wisata edukasi.

Harga tiket masuk di desa wisata ini mulai dari Rp20.000 per orang. Para wisatawan juga dapat memiliki aneka paket wisata menarik yang dapat dilakukan di desa wisata ini.


Desa Wisata Malahayu

4. Desa Wisata Malahayu

Desa Wisata Malahayu yang terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Desa wisata ini menghadirkan berbagai objek wisata menarik, seperti Waduk Malahayu, Situs Benteng Dinamit, BBM Fantasy Land, dan masih banyak lagi.

Selain itu, desa yang masyarakatnya berbahasa Sunda ini memiliki beberapa acara adat budaya yang sangat menarik. Serta terdapat berbagai kuliner setempat yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda yang menarik.

Harga tiket masuk Desa Wisata Malahayu dibanderol mulai Rp5.000. Sedangkan, retribusi parkir kendaraan dibanderol Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

5. Desa Wisata Kemetul

Desa Kemetul merupakan salah satu desa menarik di Jawa Tengah lainnya. Desa Wisata Kemetul terletak di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Desa wisata ini menyajikan panorama alam yang sangat menarik, dengan pemandangan hamparan sawah yang indah serta terdapat banyak gazebo di sekitarnya. Sedangkan masyarakat dari desa ini sangat menjunjung tinggi adat setempat dengan tradisi masyarakat setempat yang kental.

Harga tiket masuk Desa Wisata Kementul dibanderol mulai dari Rp5.000. Para wisatawan juga dapat memilih aneka paket wisata yang disediakan di desa wisata ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya