Inspirasi Memulai Usaha dengan Modal Rp5 Juta

Tak semua usaha membutuhkan modal besar, terutama jika baru mulai usaha kecil-kecilan.

oleh Panji Prayitno diperbarui 08 Nov 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2022, 08:00 WIB
Tips Memulai Usaha Dengan Modal Rp 5 Juta
Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama teridiri dari 15 peternak lokal yang didirkan sejak tahun 2014. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Modal uang dalam memulai usaha atau bisnis tergantung dengan adanya rencana usaha yang ingin dilakukan. Tak semua usaha membutuhkan modal besar, terutama jika baru mulai usaha kecil. 

Asal dilakukan secara konsisten, modal usaha kecil juga bisa berkembang terus untuk keuntungan yang lebih besar.

Usaha dengan modal Rp 5 juta merupakan jenis usaha yang banyak dilakukan oleh banyak pemula saat akan memulai bisnisnya.  Sebenarnya, mungkin modal yang dipakai bisa lebih kecil tergantung dengan keberanian seseorang dalam memulai bisnisnya. 

Bagi yang ingin bertaruh dengan modal 5 juta untuk berbisnis, cobalah beberapa ide usaha berikut ini.

Ternak Lele

Pernah membaca atau melihat buku panduan ternak lele di toko buku? Jangan salah, bisnis ini adalah jenis usaha yang mudah dan hanya butuh modal ringan. 

Bermodalkan kolam terpal, ratusan benih ikan, dan pakan selama sebulan, ternak lele hanya butuh modal sekitar Rp3 – 4 juta saja. Namun, perawatannya harus dilakukan dengan serius, ya!

Reseller Pakaian

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, jadi reseller pakaian juga bisa sangat menguntungkan jika sudah menemukan target pasar yang tepat. Biasanya, jenis pakaian yang bisa dijual kembali dengan harga reseller adalah kaos polos, baju tidur, atau baju dalam. Sebagai awal, mulailah dengan membeli 2 – 3 kodi pakaian dan jual secara online.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jasa Menjahit

Bagi yang punya keahlian desain pakaian dan menjahit, modal usaha rumahan yang satu ini juga tidak terlalu besar, kok. Mulailah dengan beli mesin jahit yang harganya berkisar Rp 2 – 3 jutaan, lalu beli kain dan perlengkapan jahit lain seperti benang, kancing, dan mesin obras. Tidak sampai Rp5 juta, usaha jahit sudah bisa dimulai, deh.

Dekorasi Event

Keahlian seni yang dimiliki seseorang memang patut dihargai mahal. Tidak heran kalau seorang seniman selalu berhasil hidup dengan nyaman. Tenang, tidak perlu muluk-muluk jadi pelukis atau pemahat. Cukup dengan sentuhan seni yang baik, cobalah membuat dekorasi acara kecil-kecilan seperti ulang tahun atau lamaran.

Pembersih Kasur

Membersihkan kasur springbed berbeda dengan kasur kapuk yang biasanya hanya dijemur di bawah terik matahari. Saat ini, kasur springbed dibersihkan dengan cara disedot dengan alat khusus. Jasa pembersih tungau juga bisa dipakai untuk membersihkan gorden, sofa, dan sebagainya. 

Alat penyedot biasanya berkisar di angka Rp 2,5 jutaan ditambah dengan peralatan pembersih lain dan alat pelindung diri, tak lebih dari Rp5 jutaan.

Buket Bunga

Hanya dengan modal merangkai bunga, seseorang bisa memulai bisnis untuk hadiah spesial bagi orang tercinta. Modal usahanya tidak begitu besar asalkan sudah menemukan supplier bunga hias yang terpercaya. 

Agar lebih menarik, kreasikan buket bunga dengan ucapan atau hadiah lain yang unik sehingga usaha ini berbeda dari jenis usaha hadiah lainnya.

Cuci Motor

Nah, rekomendasi terakhir ini paling praktis untuk dilakukan oleh penggemar bersih-bersih. Jika punya lokasi usaha yang areanya cukup luas dan strategis, jenis usaha cuci motor akan sangat potensial meskipun tidak buka seharian. 

Orang yang pulang kerja bisa mampir untuk mencuci motor. Modalnya hanya perlu mesin steam sederhana, semprotan pompa, dan alat-alat pembersih saja.

Setelah melihat beberapa ide bisnis di bawah Rp5 juta, apakah sudah menemukan model bisnis yang sesuai dengan preferensi dan keahlian? Pertimbangan tentu perlu dilakukan, tapi keberanian juga jadi hal utama untuk memulai bisnis. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya