Viral Video Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian Diduga Aniaya Wanita, Tantang Minta Ditangkap

Usai buat heboh dengan aksi perselingkuhan beberapa tahun lalu, politisi Partai Golkar Sulut James Arthur Kojongian kembali menjadi sorotan.

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 10 Apr 2023, 12:14 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 12:14 WIB
James Arthur Kojongian
Video cekcok James Arthur dengan seorang wanita tersebar di media sosial, Minggu malam (9/4/2023). (Liputan6.com/ Dok Ist)

 

Liputan6.com, Jakarta - Usai buat heboh dengan aksi perselingkuhan beberapa tahun lalu, politisi Partai Golkar Sulut James Arthur Kojongian kembali menjadi sorotan. Video viral cekcok James Arthur dengan seorang wanita tersebar di media sosial, Minggu malam (9/4/2023).

Video itu menayangkan seorang pria berbaju hitam dan bercelana pendek yang diduga Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur sedang cekcok dengan seorang wanita.

"Kamu berapa kali mukul aku hari ini? Berapa kali mukul hari ini?" ujar perempuan dalam video tersebut.

"Jangan gitu," terdengar suara diduga James Arthur.

Si wanita yang masih merekam video lantas mengatakan, "James Arthur Kojongian. Wakil ketua DPRD. Iya aku bawa pisau. Kamu tampar-tamparin kan? Kamu gampar-gamparin kan orang lagi tidur." Mendengar itu, James meminta si wanita diam.

"Pisaunya taruh dulu pisaunya," kata James.

"Terus kamu namparin aku lagi?" terdengar wanita itu lagi.

"Enggak pisaunya taruh dulu tolong," kata James.

"Aku udah bilang ini buat self defence," kata si wanita. "No, pisaunya taruh dulu," kata James memotong.

Video kemudian dilanjutkan dengan rekaman suara diduga James Arthur yang berkata, "Kita ini anggota DPR, ya bilang. Ngga ada yang berani sama kita, ya, ok. Lu bilang ama mereka tangkap gua, kalau lu anggap mereka jago," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Sulut Sjenny Kalangi mengaku akan melakukan investigasi mencari kebenaran dari video yang beredar tersebut.

"Kami akan lakukan investigasi," katanya.

Sjenny menyebut, menyikapi video yang beredar, seluruh anggota BK DPRD Sulut akan menggelar rapat pimpinan bersama ketua DPRD Sulut.

"Sementara akan konfirmasi dulu dengan teman-teman BK dan akan dirapatkan lebih dulu dengan anggota BK kemudian akan diinvestigasi," katanya.

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kasus Perselingkuhan

Beberapa tahun lalu, James Arthur juga terlibat kasus perselingkuhan yang membuat dirinya sempat dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Harian DPD Partai Golkar Sulut. Pemecatan itu buntut dari beredarnya video viral yang memperlihatkan James menyeret istrinya sendiri pada sebuah mobil karena persoalan perselingkuhan.

Dalam beberapa versi video yang beredar luas di media sosial sejak, Minggu (24/1/2021), terlihat seorang wanita mengenakan baju putih mengadang sebuah mobil. Pengendara mobil tak peduli, dia tetap menjalankan mobilnya hingga beberapa puluh meter sehingga menyeret wanita tersebut. Lokasi kejadian diketahui di ruas jalan raya Kota Tomohon, Sulut.

Wanita itu kemudian berteriak agar pengemudi di dalam mobil itu turun. "Turun ngana (turun kamu), turun," teriaknya. Beberapa warga yang menyaksikan itu juga ikut berteriak. "Turun ngana (turun kamu), kasihan dia. Ini manusia," teriak warga. Akhirnya lelaki itu turun dari mobilnya.

Informasi yang beredar di kalangan warga yang menyaksikan peristiwa itu menyebut, pengendara mobil adalah Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut James Arthur Kojongian. Sedangkan wanita yang mengadang mobil itu adalah istrinya, Michaela Elsiana Paruntu, adik Bupati Minahasa Selatan Chritiani Eugenia Paruntu, yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulut. Insiden itu terjadi karena di dalam mobil itu James ada bersama seorang wanita yang diduga selingkuhannya. 

Meski video itu sudah beredar luas namun Wakil Ketua DPRD Sulut itu sempat membantah bahwa dia adalah pengemudi mobil itu. "Nintau sapa itu (tidak tahu siapa itu). Bukan toranglah (kami)lah,” elak James ketika itu.

Demikian juga dari pihak Michaela, menutup rapat insiden perselingkuhan ini dan enggan berkomentar. Yang berkembang adalah perundungan di media sosial terhadap wanita belasan tahun yang diduga selingkuhan Wakil Kerua DPRD Sulut yang bernama Angel.

Atas desakan warga serta sejumlah kader, akhirnya DPD I Partai Golkar Sulut melakukan penyelidikan internal, dan memutuskan mencopot James dari jabatannya sebagai Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sulut.

"Dengan arif dan bijaksana mengambil sikap menonaktifkan kader Partai Golkar berinisial J dari jabatannya sebagai Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sulut periode 2020-2025," kata Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Bidang Organisasi Feryando Lamaluta, Rabu (27/1/2021).

Feryando mengatakan, keputusan tersebut merupakan hasil rapat pimpinan harian terbatas yang dipimpin Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Christiany Euginia Paruntu.

 


Profil Singkat James Arthur Kojongian

James Arthur Kojongian atau JAK lahir di Samarinda, 29 April 1984. James Arthur merupakan seorang wakil rakyat sekaligus politikus Partai Golkar yang berkantor di Gedung Cengkeh alias kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Dalam struktur pimpinan, James Arthur Kojongian menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut.

Di tubuh partai beringin, James menjabat penasehat Fraksi Partai Golkar dan Koordinator KOMISI III. Ia menjabat di struktural partai sebagai Bendahara DPD I Golkar Sulut. Selain itu mmerangkap Ketua Harian DPD II Golkar Minahasa Selatan (Minsel). Ia memiliki istri bernama Michaela Elsiana Paruntu, adik kandung dari Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya