Difungsionalkan saat Lebaran, Tol Stabat-Kuala Bingai Hanya Diperuntukkan Kendaraan Kecil

Ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2, yaitu Stabat-Kuala Bingai, sepanjang 7,2 Kilometer (Km) difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023 selama lebih dari 2 minggu.

oleh Reza Efendi diperbarui 15 Apr 2023, 12:13 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2023, 12:02 WIB
Tol Stabat-Kuala Bingai
Ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2, yaitu Stabat-Kuala Bingai, sepanjang 7,2 Kilometer (Km) (Dok: Hutama Karya)

Liputan6.com, Binjai Ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2, yaitu Stabat-Kuala Bingai, sepanjang 7,2 Kilometer (Km) difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023 selama lebih dari 2 minggu.

Branch Manager Tol Binjai-Langsa, PT Hutama Karya, Ari Wibowo mengatakan, Ruas Tol Stabat-Kuala Bingai mulai difungsionalkan pada Minggu, 16 April hingga Senin, 1 Mei 2023.

Selama fungsional, jam operasional ruas tol tersebut hanya dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga Pukul 16.00 WIB. Hanya diperuntukkan bagi kendaraan Golongan I, yaitu kendaraan kecil seperti sedan, jeep dan lain-lain.

"Tidak dikenakan tarif atau gratis, hanya dari Stabat-Kuala Bingai atau sebaliknya," kata Ari, Sabtu (15/4/2023).

Disampaikan Ari, pihaknya mengimbau kepada para pemudik yang ingin melintas untuk tetap melakukan tapping Kartu Uang Elektronik (UE) pada Gerbang Tol di Ruas Fungsional, dan selalu mengecek kecukupan saldo dan kondisi Kartu UE sebelum berangkat.

"Agar tidak menyebabkan antrean di gerbang tol," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gunakan Satu Kartu

Tol Stabat-Kuala Bingai
Ruas Tol Stabat-Kuala Bingai (Dok: Hutama Karya)

Pemudik juga diingatkan untuk menggunakan 1 kartu untuk 1 kendaraan pada sistem jalan tol tertutup. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps Hutama Karya yang dapat di-download di Playstore.

"Pada aplikasi terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE," Ari menuturkan.

Selama arus mudik dan balik Lebaran, Hutama Karya juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum 60 Km per jam dan maksimum 80 Km per jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Apabila pengguna jalan tol mengalami kendala atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol agar segera melapor ke Call Centre Cabang Tol Binjai-Langsa di 082367846784," Ari mengimbau.


Siap Dilintasi Pemudik

Jalan Tol Binjai-Stabat
Jalan Tol Binjai-Stabat (Dok: Hutama Karya Infrastruktur)

Hutama Karya memastikan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah siap untuk dilintasi pemudik pada momentum mudik Lebaran 2023.

Tidak hanya menyiapkan ruas tol tol JTTS yang telah beroperasi, Hutama Karya juga menyiapkan sejumlah ruas JTTS untuk dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Aji Prasetyanti mengatakan, 2 di antara ruas jalan tol yang akan difungsionalkan yakni Binjai-Pangkalan Brandan dan Indralaya-Prabumulih.

Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 1, Binjai-Stabat, sepanjang 12 Kilometer (Km) sebelumnya telah dioperasionalkan pada tahun 2022.

"Di tahun ini, lanjutan Jalan Tol Binjai-Stabat yakni Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 Km akan difungsionalkan untuk mudik Lebaran," kata Aji, Jumat, 14 April 2023.


Progres Fisik

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) bakal dikenai tarif (Dok Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) bakal dikenai tarif (Dok Hutama Karya)

Diterangkan Aji, progres fisik jalan tol Stabat-Kuala Bingai per 7 April 2023 telah mencapai 95 persen, dan akan siap difungsionalkan pada tanggal 15 April 2023.

Pada ruas tol ini, HKI juga mengerjakan gerbang tol dan kantor gerbang tol yang terletak di Jalan Proklamasi, Desa Kuala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

"Gerbang tol dan kantor gerbang tol ini dapat digunakan saat mudik Lebaran nanti," terangnya.

Kemudian, masyarakat juga bisa mengakses jalan tol mulai dari Medan-Binjai yang tersambung dengan Tol Binjai-Stabat, hingga Tol Stabat-Kuala Bingai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya