Komunitas Honda ADV, Berawal dari Kumpul-kumpul Jadi Ajang Touring Bareng

Berawal dari ajang kumpul-kumpul setiap weekend berdirilah komunitas Honda ADV.

oleh Dewi Divianta diperbarui 19 Mei 2023, 01:00 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 01:00 WIB
Touring Seru ala Komunitas Honda ADV Owners Community (HAVOC)
Touring Seru ala Komunitas Honda ADV Owners Community (HAVOC)

Liputan6.com, Solo - Pengalaman touring sepeda motor hingga ke luar daerah, seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, dan kota lainnya memang menarik dan seru, tetapi siapa yang menyangka bisa touring hanya berawal dari ajang kumpul-kumpul saja dan  akhirnya terbentuk komunitas?

Berawal dari ajang pertemuan atau kumpul dengan sesama pengguna kendaraan motor Honda ADV, akhirnya lahirlah komunitas bernama ADV Owners Community (HAVOC).

Menurut Ketua Komunitas ADV Owners Community atau Havoc, Abraham, komunitas mereka kerap menggelar pertemuan, dan saling berbagi terkait kendaraan yang mereka miliki. Abraham mengungkapkan bahwa setiap tahun mereka bisa beberapa kali menggelar touring untuk menyambangi komunitas serupa di berbagai kota.

Menurutnya awal mula komunitas ini berdiri adalah 18 April 2020, dengan nama Honda ADV Indonesia Chapter Tangerang Selatan (HAI Tangsel). Tetapi pada, 20 November 2020 komunitas itu berganti nama menjadi Honda ADV Nusantara Chapter Tangerang Selatan (HAN Tangsel).

"Supaya cakupannya tidak terbatas di wilayah Tangerang Selatan dan bisa ke seluruh penjuru Indonesia, akhirnya pada 15 November 2022 kami berganti nama menjadi HAVOC," ujar Abraham kepada Liputan6.com, Rabu (17/5/2023).


Ajang Berbagi Ilmu

Selain itu, member atau anggota mereka juga bisa sharing untuk memodifikasi kuda besinya. Mulai dari memodifikasi kecepatan, lampu, sampai kenyamanan dalam berkendara.

Kegiatan cukup HAVOC beragam, mulai kopdar, touring, camping, sampai kegiatan sosial. "Bahkan, ada member kami yang telah melakukan perjalanan sampai kilometer 0 Sape di Nusa Tenggara Barat (NTB)," ungkap pria yang akrab disapa Abe itu.

Kendaraan yang ditunggangi Abe pun tidak lepas dari berbagai modifikasi. Abe menggunakan Honda ADV jenis 150 CBS. Lalu, Abe memodifikasi hampir seluruh bagian motornya. Lampu kabut menggunakan Gold Runway & PIAA, Crashbar menggunakan Agna, lalu head lamp memakai Projie.

Abe juga memodikasi bagian top box dan side box. Pada bagian itu, dia menggunakan Givi Trekker. Lalu, master rem kiri dan kanan memakai Brembo. Kaliper rem depan dan belakang juga menggunakan Brembo. Begitu juga tabung rem, tetap menggunakan Brembo.

"Shock breaker belakang menggunakan Ohlins, knalpot menggunakan Akrapovic, cover body samping kiri serta kanan di-custom air brushed, dan 80% cover body dan body parts sudah di-carbon kevlar," ucap Abe.

Bagaimana cara bergabung dengan HAVOC? Caranya sangat mudah. Calon anggota bisa menghubungi HAVOC lewat  media sosial Instagram @havoc.indonesia. Atau, bisa juga melalui Facebook Havoc Id. Saat ini, total anggota HAVOC berjumlah sekitar 30-an orang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya