Jangan Kasih Makan Satwa Liar di Jalur Menuju IKN

Kawanan beruk tampak memenuhi jalan di sekitar Hutan Wanariset Samboja yang menjadi jalur utama menuju Ibu Kota Nusantara akibat sering diberi makan pengguna jalan yang melintas.

oleh Abdul Jalil diperbarui 09 Jun 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 07:00 WIB
Beruk di IKN
Kawanan beruk di jalur menuju IKN yang muncul akibat sering diberi pakan pengguna jalan yang melintas.

Liputan6.com, Jakarta Kawanan beruk di jalur menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), tepatnya di sekitar hutan penelitian Wanariset Samboja, semakin banyak. Satwa yang hidup berkelompok dan lebih dikenal dengan sebutan kera ekor babi ini selalu memenuhi ruas jalan yang mulai padat itu.

Munculnya kawanan beruk tak lepas dari kebiasaan masyarakat yang memberi makanan ke satwa liar saat melintas di sebuah hutan. Akibatnya, hewan yang sejatinya liar jadi kehilangan sifat liarnya karena sumber pakan didapatkan dari manusia.

Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Samboja Yassir Ishak menyebut, pihaknya sudah memasang banyak tulisan peringatan dilarang memberi makan satwa. Himbauan tersebut ternyata tak sepenuhnya digubris.

“Ada beberapa kebiasaan warga kita, yang mungkin belum tau, memberi pakan satwa yang secara tidak langsung mengubah perilaku satwa tersebut,” kata Ishak, Rabu (7/6/2023).

Akibatnya, satwa yang seharusnya liar mulai tergantung pada manusia. Ishak bahkan menyebut beruk seperti pengemis yang menunggu manusia memberi makanan.

“Ini jalan utama, pintu gerbang menuju Ibu Kota Nusantara, jika satwa-satwa itu keluar akan mengganggu kelancaran pengguna jalan dalam beraktifitas, tapi juga mengancam keselamatan pengendara,” ujarnya.

Arman dari Jejak Pulang, sebuah organisasi nirlaba yang fokus penyelamatan satwa dilindungi, menyebut beruk yang meminta makan di tepi jalan menuju IKN kian tak terkendali. Ini merupakan dampak dari kebiasaan warga yang memberi makan dan menganggap kawasan itu tempat wisata.

“Ada perubahan perilaku dari beruk macaca yang tadinya hidup liar, sekarang setelah orang kasih pakan, mereka datang dan mengemis berharap makanan. Padahal ini sebenarnya perilaku yang tidak kita inginkan,” kata Arman.

Jejak Pulang pun ikut menghimbau masyarakat untuk berhenti memberi makan satwa liar yang ditemui saat melintas di sebuah kawasan hutan. Tak hanya itu, upaya sosialisasi pun dilakukan hampir setiap hari kepada warga yang sengaja berhenti untuk memberi makan.

Sementara itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim menyebut dampak pemberian pakan akan mengganggu kesejahteraan hewan. Tak hanya itu, konflik dengan manusia hanya menunggu waktu saja.

“Kesejahteraan satwa liar dilihat dari kemampuannya mencari makan dan bertahan hidup secara liar. Kalau diberi makan manusia, satwa akan terbiasa dan akan minta terus. Ini harus kita hentikan,” kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sampah

Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Lokasi pembangunan ibu kota baru terlihat dari sebuah bukit di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia Halim mengatakan, kegiatan pembangunan di IKN sudah mencapai 23 persen. Menurutnya, saat ini pembangunan di IKN fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Kini jalan poros menuju Ibu Kota Nusantara di kawasan Hutan Wanariset Samboja punya masalah baru. Masyarakat yang singgah dan memberikan pakan kepada satwa liar di pinggir jalan meninggalkan sampah.

“Padahal ini merupakan jalur utama, pintu gerbang menuju Ibu Kota Nusantara,” keluh Ishak.

Sejak awal Mei 2023 lalu, BPSILHK Samboja bersama warga, anggota TNI dan kepolisian, masyarakat sekitar, dan Jejak Pulang rutin menggelar bakti sosial membersihkan sampah. Meski rutin dibersihkan, tumpukan sampah tetap saja ada.

“Akhirnya kita putuskan selain memasang papan peringatan, sosialisasi rutin akan juga dilakukan setiap ada warga yang singgah dan memberi makan,” kata Arman dari Jejak Pulang.

Dari pengamatan liputan6.com saat melintas di jalur tersebut, puluhan beruk tiba berhamburan ke jalan. Hal ini dipicu salah satu mobil yang melintas melempar sesuatu yang disangka beruk itu makanan.

Beberapa beruk nyaris tertabrak kendaraan jika pengendara tak segera mengurangi lanjutan kendaraan. Nantinya beruk akan semakin agresif meminta makanan.

“Ini yang kita khawatirkan dan bisa menimbulkan kecelakaan,” kata Arman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya