Sedapnya Aroma Lilin Aromaterapi Minyak Kelapa Bisa Menenangkan Bayi

Buah kelapa dapat dimanfaatkan menjadi lilin aromaterapi yang dibuat dari minyak kelapanya. Inilah yangdilakukan mahasiswa KKN Vokasi UNY di Bojong 3 Panjatan Kulonprogo. 

oleh Yanuar H diperbarui 14 Jun 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi lilin aromaterapi
Ilustrasi/Copyright shutterstock/morrowlight

Liputan6.com, Yogyakarta Mahasiswa KKN Vokasi UNY di Bojong 3 Panjatan Kulon Progo memanfaatkan potensi kelapa untuk membuat lilin aromaterapi berbahan baku minyak kelapa. Menurut Ketua KKN Reza Al-Faruqi minyak kelapa bermanfaat bagi kesehatan diantaranya mengurangi lemak perut, menyembuhkan luka bahkan mengobati peradangan dan aroma sedapnya kelapa dapat digunakan sebagai aromaterapi yang menenangkan bayi.

“Mereka hanya menjual hasilnya seperti buah kelapa, daun kelapa, kulit buah kelapa, dan sebagainya. Jarang yang mengolah kelapanya menjadi minyak,” katanya, Senin (12/6). 

Penanggung jawab kegiatan Anggie Lusiana Devi mengatakan lilin aromaterapi ini menggunakan minyak kelapa sebagai bahan tambahannya dan ampas kelapa sebagai hiasan. Menurutnya, lilin aromaterapi ini mempunyai banyak manfaat seperti menghilangkan stres, menenangkan pikiran, sebagai hiasan maupun dekorasi ruangan, serta dapat menjadi sumber cahaya ketika listrik sedang padam.

“Selain itu, lilin aromaterapi ini bisa menjadi ide bisnis masyarakat desa Bojong 3,” kata Mahasiswa prodi D4 Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Vokasi UNY Kampus Wates ini.  

Anggie mengatakan bahan yang dibutuhkan membuat lilin aromaterapi dari minyak kelapa ini yaitu kompor, panci, timbangan digital, wadah lilin, sumbu lilin, palm wax, minyak kelapa, essential oil, ampas kelapa dan dry flower. Proses pembuatannya yaitu dengan menyiapkan palm wax yang dipanaskan dalam air mendidih dengan api menyala hingga mencair, tambahkan minyak kelapa 5 ml dan essential oil 5 ml, lalu aduk hingga tercampur merata.  

"Siapkan wadah dan sumbu lilin kemudian tuangkan larutan lilin ke dalam wadah. Tambahkan hiasan untuk mempercantik lilin aromaterapi, kemudian diamkan hingga larutan lilin menjadi padat," paparnya.

Ia mengatakan proses pembuatan lilin aromaterapi ini ditujukan kepada para remaja di Bojong 3 terutama bagi remaja putri. Mereka antusias membuat lilin aromaterapi dengan mengkreasikan sesuka mereka, dengan alat dan bahan yang sudah disediakan. 

Pada program kerja ini, Anggie memberikan nama produk lilin aromaterapi ‘Coconut Candle’. Para mahasiswa KKN UNY yang membuat lilin aroma terapi ini adalah Reza Al-Faruqi, Citra Ramadhani, Wina Nurlita Putri, Elva Khusna, Agista Adfah Pramesti,Qanita Diza Astuti, Hanamel Ananta, Anggie Lusiana Devi dan Nadia Syalwa.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya