Sudah Serasikah Anda, Ini 5 Pasangan Ideal Menurut MBTI

MBTI bisa digunakan untuk mengetahui dan memahami dari potensi hingga kelemahan seseorang saat berinteraksi.

oleh Tifani diperbarui 26 Jul 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi Tes MBTI
Ilustrasi Tes MBTI. (Image by storyset on Freepik)

Liputan6.com, Yogyakarta - The Myers Briggs Type Indicator atau yang biasa disingkat MBTI merupakan metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. MBTI biasanya digunakan untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Terdapat 16 kelompok tipe kepribadian MBTI dengan karakter yang berbeda-beda. MBTI bisa digunakan untuk mengetahui dan memahami dari potensi hingga kelemahan seseorang saat berinteraksi.

Selain itu bisa juga untuk menilai bagaimana seseorang menjalin hubungan yang ideal dengan pasangan mereka. Berikut pasangan ideal MBTI yang dikutip dari berbagai sumber.

1. ENTP dan INTJ

INTJ merupakan tipe kepribadian MBTI yang lambat dalam memulai menjadi hubungan percintaan. Mereka cenderung lebih banyak diam dan tidak ingin memulai terlebih dahulu untuk mendekati seseorang.

Maka dari itu, INTJ cocok dengan ENTP yang memiliki sisi dominan dan kepemimpinan yang tinggi. Selain itu, ENTP lebih mudah memulai hubungan percintaan terlebih dahulu.

2. ISFP dan ESFJ

ISFP memiliki sifat yang ramah dan berhati lembut, mereka juga cenderung menghindari konflik saat menjalani hubungan percintaan. Namun, aslinya mereka sangat serius dan ingin sekali berkomitmen dalam jangka panjang ketika menjalin hubungan.

ISFP ini cocok dengan ESFJ sebagai pasangan ideal mereka. ESFJ menginginkan hubungan dengan jangka panjang ketika menjalin hubungan percintaan.

ESFJ juga bisa menjadi pendengar yang baik untuk ISFP dan juga saling menguatkan ketika menghadapi kesedihan.

 


ENFP dan INFJ

3. ENFP dan INFJ

ENFP memiliki sisi pribadi yang semangat, kreatif, dan berjiwa bebas. ENFP juga memiliki banyak ide-ide baru untuk membawa perubahan besar dalam hidupnya.

Sayangnya, ENFP tidak mampu bekerja sendiri, dirinya memerlukan seseorang yang membantu mewujudkan ide-ide nya dan support system saat sedih.

ENFP dalam percintaan merupakan pasangan ideal untuk INFJ, yang mampu menguatkan dan mendukung pasangannya saat dalam kesedihan. Sisi lainnya, INFJ memiliki sifat yang keras kepala dan kreatif, dan hanya bisa ditaklukkan oleh ENFP.

4. ESTP dan ISFJ

ESTP ini, khas dengan selera humornya yang tiggi dan optimis dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, mereka juga suka quality time dengan pasangan dan memberikan celotehan-celotehan yang lucu.

Sebab itu, ESTP cocok dengan ISFJ yang memiliki kecenderungan pendiam dan suka menyembungikan perasaannya. Candaan yang terlontarkan mampu membuat ISFJ dalan hubungannnya menyenangkan dan ISFJ juga mampu menemukan zona nyaman untuk perasaannya.

5. ENFJ dan INFP

ENFJ mempunyai sifat yang supel, ramah, dan mudah bergaul dengan siapa saja. Dengan kemampuan komunikasi yang luar biasa, ENFJ bisa dihormati dan memengaruhi orang-orang.

ENFJ dalam hubungan percintaan sangat suka memberikan perhatian kecilnya untuk menyenangkan pasangan mereka. Mereka akan membuat pasangannya merasa dihargai dan dicintai.

Maka dari itu, ENFJ adalah pasangan yang cocok bagi INFP, yang mempunyai sifat imajinatif dan menyukai perhatian kecil. ENFJ juga mampu mengendalikan INFP yang mempunyai sifat tertutup.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya