Profil Ethan Mbappe yang Ikut Jejak Kylian Mbappe, Resmi Debut Saat PSG vs Metz

Setelah melakukan debut seniornya pada lanjutan kompetisi Ligue 1 musim ini, pemain Ethan Mbappe berharap ini menjadi awal dari banyak penampilan yang akan dimainkan bersama sang kakak Kylian Mbappe ke depannya.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 21 Des 2023, 15:26 WIB
Diterbitkan 21 Des 2023, 15:10 WIB
Kylian Mbappe dan Ethan Mbappe - Ligue 1 2023/2024
Ethan Mbappe (kanan) mendapatkan debut bersama Paris Saint-Germain, Kamis (21/12/2023) dini hari WIB. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Yogyakarta - Bintang muda Prancis Ethan Mbappe akhirnya membuat debut seniornya bersama Paris Saint Germain (PSG) saat mereka mengalahkan Metz 3-1 pada hari Rabu, (20/12/2023) kemarin.

Ia tampill bersama kakak kandungnya Kylian Mbappe yang membantu tim memenangkan pertandingan. Pada laga itu Ethan Mbappe yang masih berusia 16 tahun itu masuk menggantikan Manuel Ugarte pada waktu tambahan babak kedua.

Setelah melakukan debut seniornya pada lanjutan kompetisi Ligue 1 musim ini, pemain Ethan Mbappe berharap ini menjadi awal dari banyak penampilan yang akan dimainkan bersama sang kakak Kylian Mbappe ke depannya.

Berikut profil Ethan Mbappe

Ethan Mbappe lahir di Montreulli Prancis pada 29 Desember 2006. Ia merupakan adik kandung dari Kylian Mbappe yang memiliki garis keturunan Aljazair dari sang ibu, dan Kamerun dari ayahnya.

Pemain bernama lengkap Ethan Mbappe Lottin mengawali karier sepak bolanya di level junior bernama AS Bondy. Namun, pada Agustus 2017 silam ia memutuskan pindah ke akademi pemain muda PSG untuk meningkatkan kemampuannya.

Kepindahan Ethan ke PSG ternyata berbarengan dengan transfer Kylian Mbappe dari AS Monaco. Berkat bimbingan sang kakak, perlahan Ethan mulai menunjukkan kebolehannya sebagai gelandang.

Tak perlu waktu lama, ia pun mulai dipercaya untuk gabung latihan bersama tim senior. Pada musim panas 2023, ia dibawa Luis Enrique ke tur pramusim Les Parisiens di Asia.

Asal tahu saja, Ethan sudah mendapat kontrak profesional pertamanya sejak berusia 14 tahun. Ia dikontrak hingga tahun 2024 mendatang. Sebab kontrak ini, ia dipastikan bakal mengikuti jejak kakaknya menjadi bintang ibu kota Prancis tersebut.

Di sisi lain, banyak desas-desus jika kontrak Ethan di PSG adalah salah satu cara pemulus langkah PSG untuk menggaet Kylian dari AS Monaco. Di sisi lain ini juga yang menjadi daya tawar tim untuk mempertahankan Kylian agar tak hengkang secara gratis pada jendela transfer mendatang.

Langkah PSG memberi kontrak panjang kepada Ethan Mbappe seperti de javu yang dilakukan Chelsea kala mempertahankan Eden Hazzard. Mereka merekrut adiknya Thorgan Hazzard beberapa tahun silam, tetapi Eden justru hengkang ke Real Madrid pada 2019.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya