Ketua PWI Pusat Temui Gubernur, Mantapkan Porwanas XIV 2024 di Kalsel

Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun bersama rombongan melakukan silaturahmi kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor

oleh Aslam Mahfuz diperbarui 07 Feb 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2024, 23:00 WIB
PWI Pusat Gubernur Kalsel
Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun (kiri) bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie. (Liputan6.com/ist)

Liputan6.com, Banjarmasin - Usai meninjau venue pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Kalimantan Selatan (Kalsel), Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry CH Bangun bersama rombongan selanjutnya melakukan silaturahmi kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang kerap disapa Paman Birin, Minggu (04/05/2024) malam.

"Pertama saya ingin berterima kasih kepada Paman Birin atas kesanggupan Kalsel menjadi tuan rumah Porwanas yang sebelumnya memang direncanakan di provinsi lain, jadi sekali lagi memang Kalsel ini bagi PWI adalah penyelamatan lah," sebut Hendry.

Penempatan pelaksanaan Porwanas tahun ini sebelumnya diagendakan di provinsi lain, demikian pula dengan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN), hanya saja ada kendala sehingga Kalsel menyebutkan kesediaannya sebagai tuan rumah.

Sebagai tahapan kesiapan pelaksanaan Porwanas di Kalsel, Ketua PWI Pusat itu juga menyampaikan jika nantinya akan dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo). Rakernas tersebut akan diberikan kesempatan kepada Gubernur Kalsel bersama PWI Kalsel untuk memaparkan perihal kesiapan sebagai tuan rumah Porwanas.

"Rakernas ini, Paman Birin juga diundang untuk menyampaikan kebijakan, kesiapan Kalsel sebagai tuan rumah Porwanas disamping nanti staf-staf beliau itu menyampaikan kesiapan teknis," lanjutnya.

Dari teknis dimaksud tentunya terkait dengan beberapa cabang olahraga serta venuenya.

"Kedatangan ini, kami kira terjalin komunikasi antara Siwo Pusat dengan Pemprov Kalsel begitu juga dengan PWI dan Siwo dan PWI Kalsel supaya nanti acaranya dapat berjalan baik lancar sesuai dengan harapan kita semua," harap Hendry.

Ia juga menyambut baik maksud Paman Birin yang berharap, kiranya perhelatan olahraga oleh insan pers dari seluruh daerah di Indonesia dapat bersinergi untuk mendukung niat Pemprov Kalsel menjadikan Geopark Meratus diakui oleh UNESCO.

"Iya saya kira memang dunia inikan sekarang semakin mengapresiasi, semakin prihatin kepada masalah lingkungan jadi saya kira itu bagus, jadi Porwanas itu tidak hanya berisi hal-hal yang sifatnya olahraga tapi juga mengapresiasi lingkungan di dalam pers nasional," imbuhnya.

Hendy juga mengakui dengan adanya taman nasional Meratus yang diusulkan menjadi situs dunia yang diakui UNESCO Geopark tentu sesuatu yang positif. Tidak hanya Siwo, Anggota-anggota PWI yang biasa meliput bidang lingkungan saya kira nanti bisa disertakan di Porwanas sehingga mereka akan membuat karya-karya jurnalistik berupa, tulisan, radio, foto, dan video mengenai Geopark Meratus itu.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor itu pun menekankan agar Porwanas 2024 di Kalsel yang akan dilaksanakan pada Agustus nanti disukseskan.

"PWI dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel bekerja sama agar pelaksanaannya sukses, dengan kedatangan PWI Pusat ke sini bukti keseriusan suksesnya Porwanas 2024," ungkap Paman Birin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

PWI Pusat Gubernur Kalsel
PWI Pusat bersama rombongan silaturahmi ke Gubernur Kalsel (Liputan6.com/ist)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya