Mengenal Lebih Dekat Kucing-Kucing Unik Nusantara

Setiap jenis kucing Nusantara ternyata memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda.

oleh Novia Harlina diperbarui 20 Apr 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki berbagai jenis kucing asli yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, Indonesia memiliki beberapa jenis kucing yang hanya dapat ditemukan di wilayah nusantara.

Kucing-kucing asli Indonesia ini merupakan bagian dari kekayaan keanekaragaman hayati yang patut dilestarikan.

Setiap jenis kucing memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda, sehingga menjaga keberadaan mereka menjadi penting untuk melestarikan warisan alam Indonesia.

Berikut adalah lima jenis kucing asli Indonesia yang patut dikenal:

1. Kucing Merah Kalimantan

Tidak perlu ditanyakan lagi asal dari kucing ini, sudah pasti dari Kalimantan. Kucing merah Kalimantan memiliki warna bulu yang lebih pucat di bagian badannya dengan tubuhnya yang ramping mirip macan terutama pada malam hari.

2. Kucing Kampung

Kucing ini memiliki nama latin Felis silvestris dan sangat sering dijumpai di jalanan. Kucing kampung ini masih keturunan dari kucing liar Afrika.

Ciri-ciri dari kucing ini ialah warna bulu kelabu, putih hingga hitam dengan tubuhnya yang kekar membuat kucing ini dapat hidup dimana saja. Selain itu kucing kampung cukup mudah dipelihara karena tidak memerlukan perawatan yang ekstra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

3. Kucing Congkok

Kucing Congkok memiliki nama latin Prionaliurus bengalensis dan merupakan salah satu spesies kucing liar asli Indonesia.

Ciri-ciri dari kucing ini ialah memiliki ukuran tubuh yang sama seperti kucing domestik lainnya dengan corak totol hitam yang terdapat pada punggung dan pinggul.

4. Kucing Bakau

Rata-rata kucing takut dengan air, berbeda dengan kucing bakau ini yang malah menyukai air.

Kucing ini merupakan perenang handal yang mampu menyelami air untuk mencari mangsanya. Kucing bakau dikenal juga dengan fishing cat.

Hal itu lantaran kakinya memiliki selaput yang memudahkannya berenang atau di tempat-tempat dengan permukaan yang licin.

5. Kucing Dahan Benua

Kucing Dahan Benua masih satu keluarga dengan Kucing Dahan Kalimantan. Memiliki ciri-ciri tubuh dengan ukuran sedang dan ditumbuhi bulu berwarna dan bercorak seperti ular sanca.

Kucing Dahan Benua memiliki sifat nokturnal, yaitu aktif pada malam hari untuk memburu mangsanya.

 

 

 

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya