Maju Pilgub Sulsel, Annar Salahuddin Sampetoding Optimis Diusung PKS

Annar mengaku telah menyiapkan sejumlah nama untuk menjadi calon wakilnya.

oleh Fauzan diperbarui 22 Jul 2024, 15:43 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 15:30 WIB
Annar Salahuddin Sampetoding optimis maju Pilgub Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)
Annar Salahuddin Sampetoding optimis maju Pilgub Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Annar Salahuddin Sampetoding mengikuti uji kelayakan sebagai bakal calon Gubernur Sulsel yang digelar oleh DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel. Kegiatan itu digelar di Swiss Bell Panakkukang, Kota Makassar pada Senin (22/7/2024).

Annar mengaku optimis bakal diusung oleh PKS sebagai kandidat calon Gubernur Sulsel. Dia mengaku telah melayangkan surat ke DPP PKS agak mendahulukan kader. 

"Harusnya kader tidak disamakan dengan figur lain, karena kader ini juga sudah berjuang," kata Annar kepada wartawan, Senin (22/7/2024).

Sebagai kader yang telah 20 tahun mengabdi kepada PKS, Annar mengaku yakin bakal diusung oleh partainya tersebut di Pilgub Sulsel. Ia bahkan telah menyiapkan sejumlah nama sebagai bakal calon wakil Gubernur Sulsel.

"Ada empat. Adnan Purichta (Bupati Gowa), Andi Yuslim Patawari, Agus Salim Alwi Hamu, dan Tanri Bali Lamo," sebutnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKS Pastikan Tak Dukung Adik Mentan

Annar Salahuddin Sampetoding optimis maju Pilgub Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)
Annar Salahuddin Sampetoding optimis maju Pilgub Sulsel (Liputan6.com/Fauzan)

Jika nantinya diusung sebagai calon gubernur, Annar mengaku telah menyiapkan sejumlah visi dan misi. Salah satunya adalah memindahkan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan dari Kota Makassar. 

Dia menyebutkan tiga wilayah yang bakal dipilih menjadi ibu kota Provinsi Sulsel adalah Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sidrap atau Kota Parepare. 

"Alasannya sudah jelas, karena Kota Makassar ini sudah begitu padat, makanya sebagai penopang IKN, Sulsel harus ada pusat pertumbuhan ekonomi baru," jelasnya. 

Selain itu, Annar juga mengaku membentuk zona ekonomi khusus di kabupaten dan kota yang sehingga pertumbuhan ekonomi dapat merata.

"Kita juga akan membentuk pasukan adat sebagai langkah memajukan dan melestarikan budaya Sulawesi Selatan serta menjaga kestabilan ekonomi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Sulsel, Muhammad Amri Arsyid memastikan bahwa DPW PKS Sulsel mengagendakan uji kelayakan PKS ini hanya diikuti oleh empat bakal calon Gubernur Sulsel. Mereka adalah Annar Salahuddin Sampetoding, Mayjen TNI Purnawirawan Andi Muhammad, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Ilham Arief Sirajuddin. 

"Nanti setelah fit and proper test, kita akan kirim nama-namanya ke DPP," sebut Amri. 

Ia pun memastikan bahwa PKS Sulsel tak akan memberikan dukungan kepada mantan Gubernur Sulsel yang juga adik kandung Menteri Pertanian, Andi Sudirman Sulaiman. 

"Yang jelas ada empat nama. Dan rekomendasi dari DPP tidak akan keluar dari nama yang diputuskan oleh DPW," tegasnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya