Sejarah Hari Kebaya Nasional, Diperingati Setiap 24 Juli untuk Menjaga Warisan Budaya

Hari Kebaya Nasional merupakan salah satu peringatan yang dirayakan pada tanggal 24 Juli. Berikut sejarah Hari Kebaya Nasional dan ucapannya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 24 Jul 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi baju kebaya
Ilustrasi baju kebaya. (Image by johnstocker on Freepik)

Liputan6.com, Bandung - Kebaya merupakan salah satu pakaian adat tradisional Indonesia yang mempunyai berbagai jenis berbeda-beda. Saat ini kebaya sering dijumpai pada sejumlah acara penting seperti acara pernikahan, upacara adat, dan lain-lain.

Kebaya di Indonesia tidak hanya menjadi pakaian adat tetapi juga mempunyai simbol penuh makna untuk Indonesia. Kebaya tidak hanya menjadi simbol kecantikan dan keanggunan wanita tetapi juga mencerminkan warisan budaya dan sejarah yang panjang.

Menggunakan kebaya bagi sebagian orang mempunyai makna yang mendalam salah satunya menjadi simbol identitas budaya yang kuat. Kebaya juga menunjukkan bagaimana kebanggaan masyarakat terhadap warisan budaya dan identitas nasional.

Desain kebaya terkenal dengan desain yang rumit dan indah sehingga penampilan yang menggunakannya akan terlihat lebih elegan dan anggun. Bordir serta hiasannya juga identik dengan desain yang rumit sehingga menunjukkan sentuhan seni dari pakaian tersebut.

Saat ini dalam menjaga kebaya sebagai salah satu warisan budaya Indonesia terdapat peringatan yang merayakan kehadirannya. Peringatan tersebut dikenal dengan nama Hari Kebaya Nasional dan diperingati setiap tanggal 24 Juli.

Sebagai informasi Hari Kebaya Nasional menjadi hari penting yang pertama kali ditetapkan pada tahun 2023 lalu. Sehingga pada tahun ini peringatannya menjadi perayaan yang diperingati pertama kali.

Penetapan Hari Kebaya Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023. Keputusan tersebut ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 4 Agustus 2023 di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Hari Kebaya Nasional

Ilustrasi baju kebaya
Ilustrasi baju kebaya. (Foto oleh Kakanda Yonik: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-duduk-batu-10774357/)

Seperti disebutkan sebelumnya Hari Kebaya Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juli. Tahun 2024 menjadi tahun pertama untuk merayakan Hari Kebaya Nasional dan bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya menjaga kebaya sebagai salah satu warisan budaya.

Peringatan Hari Kebaya Nasional ditetapkan melalui Keppres Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Melalui peringatan ini para masyarakat diharapkan terus menyadari betapa pentingnya menjaga kebaya.

Kemudian masyarakat Indonesia juga dapat lebih mengenal hingga menghargai kebaya sebagai warisan budaya. Terpilihnya tanggal 24 Juli menjadi Hari Kebaya Nasional memiliki asal usul tersendiri.

Salah satu faktornya adalah karena terdapat nilai sejarah ketika Presiden ke-1 RI Sukarno menghadiri Kongres Wanita Indonesia X dan semua peserta yang hadir mengenakan kain kebaya.


Mengapa Harus Ada Hari Kebaya Nasional?

Ilustrasi baju kebaya
Ilustrasi baju kebaya. (Photo by Aim Aris on Unsplash)

Kebaya menjadi salah satu pakaian Indonesia yang penuh makna dan bernilai sejarah. Kebaya tidak hanya menjadi simbol kecantikan dan keanggunan wanita tetapi juga mencerminkan warisan budaya.

Hari Kebaya Nasional menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya dengan meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap kebaya sebagai warisan budaya Indonesia. Peringatan ini juga dapat mendorong kreativitas para desainer untuk berinovasi menciptakan desain kebaya yang modern namun tetap tradisional.

Kebaya juga menjadi simbol persatuan di antara berbagai suku dan budaya di Indonesia. Sehingga masyarakat dapat terus membangun rasa bangga akan identitas nasionalnya melalui busana tradisional.


10 Inspirasi Ucapan Hari Kebaya Nasional

Ilustrasi kebaya, adat Jawa
Ilustrasi kebaya, adat Jawa. (Photo by Fikri Syahfana on Unsplash)

Berikut ini 10 inspirasi atau contoh ucapan untuk merayakan Hari Kebaya Nasional:

1. “Selamat Hari Kebaya Nasional! Mari kita lestarikan warisan budaya kita dengan selalu bangga mengenakan kebaya”.

2. “Selamat merayakan Hari Kebaya Nasional! Pada peringatan tahun ini mari kita rayakan momennya dengan bangga!

3. “Hari Kebaya Nasional merupakan momen yang tepat untuk merayakan bagaimana keindahan dan keanggunan budaya kita, Selamat Hari Kebaya Nasional!

4. “Mari kita kenakanan kebaya kita dengan bangga agar selalu menjadi simbol identitas dan kebanggan bangsa!

5. “Kebaya merupakan salah satu simbol betapa indahnya kekayaan buaya di Indonesia sehingga mari kita lestarikan dengan penuh semangat, Selamat Hari Kebaya!

6. “Selamat Hari Kebaya Nasional! Mari kita rayakan hari bahagia ini dengan menggunakan kebaya dan menghargai warisan budaya leluhur kita

7. “Selamat Hari Kebaya Nasional! Mari ramaikan hari ini dengan mengingat bahwa kebaya adalah salah satu warisan budaya penuh sejarah dan simbol nyata keindahan budaya Indonesia!

8. “Kebaya merupakan pakaian adat Indonesia yang wajib dilestarikan karena menyimpan sejarah dan asal usul penuh makna bagi negara. Selamat Hari Kebaya Nasional!

9. “Kebaya tidak hanya menjadi pakaian biasa tetapi juga sebagai simbol kebanggaan dan identitas bangsa yang harus dihormati dan dilestarikan, Selamat Hari Kebaya Nasional!

10. “Selamat Hari Kebaya Nasional! Mari kita rayakan hari ini dengan penuh rasa bangga karena kebaya merupakan identitas budaya yang kuat dan warisan budaya yang harus dilestarikan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya