Deretan Perlombaan Wajib dalam Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Ragam kemeriahan biasanya mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia pada 17 Agustus.

oleh Novia Harlina diperbarui 10 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi panjat pinang, lomba 17 Agustusan
Ilustrasi panjat pinang, lomba 17 Agustusan. (Photo by Zoraya Project on Unsplash)

Liputan6.com, Padang - Memasuki bulan Agustus, seluruh wilayah Indonesia bersiap menyambut hari kemerdekaan. Ragam kemariahan biasanya warnai setiap wilayah, mulai dari memasang bendera Merah Putih dihalaman rumah, di kendaraan transportasi, di kantor-kantor pemerintahan negeri atau swasta, universitas maupun sekolah.

Namun, kemeriahan tidak lengkap jika tak merencanakan perlombaan demi memeriahkan hari kemerdekaan. Setiap kelurahan atau desa, sekolah maupun instansi akan merencakan perlombaan seru untuk turut merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Berikut beberapa perlombaan wajib dalam memeriahkan hari kemerdekaan:

1. Balap karung menggunakan helm

Setiap peserta yang mengikuti lomba ini akan dibungkus tubuhnya menggunakan karung sampai ke leher, lengkap dengan helm di kepala. Lomba balap karung membawa keseruan karena melihat bagaimana peserta berusaha mencapai garis finis.

2. Mengumpulkan koin dari tepung

Peserta akan diarahkan untuk mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan panitia.

Koin yang tertanam di tepung dicari menggunakan mulut sehingga saat menyaksikan perlombaan ini para penonton akan dibuat terhibur dengan muka peserta yang dipenuhi tepung.

3. Perang bantal

Perlombaan ini diadakan di atas sebuah air atau lumpur. Para peserta berpasangan duduk di atas sebuah kayu dan diberi bantal.

Mereka harus berusaha menjatuhkan lawannya dengan saling serang menggunakan bantal. Peserta yang berhasil menjatuhkan lawan adalah pemenangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Memasukkan paku ke dalam botol

Setiap peserta akan diberikan sebuah paku yang diikat ke belakang dengan tali di pinggang atau perut peserta. Tantangan pada perlombaan ini bagaimana memasukkan paku ke dalam botol kaca seperti botol sirup secepatnya.

5. Panjat pinang

Tidak lengkap acara kemerdekaan jika tidak panjat pinang. Batang sebuah pohon akan di buat licin dengan minyak. Kemudian setiap regu berusaha menggapai puncak pinang untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik.

6. Main bola kaki menggunakan daster

Setiap regu akan memainkan permainan bola namun menggunakan daster. Perlombaan ini akan lucu dan seru jika dilihat karena tingkah kocak para pemain saat memakai daster.

7. Tarik tambang

Dua regu akan dihadapkan untuk menarik satu tali tambang. Regu yang berhasil menarik lawan ke garis tengah adalah pemenangnya.

Merancang ide perlombaan harus dilakukan sebelum 17 Agustus untuk menciptakan suasana yang gembira dan penuh kehangatan. Meriahkan hari kemerdekaan dengan sukacita dan semangat cinta Tanah Air.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya