Profil Hendrar Prihadi, Resmi Diusung Jadi Cawagub Jateng dari PDIP

Hendrar Prihadi telah resmi diusung menjadi Cawagub Jateng oleh PDI Perjuangan bersama Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 27 Agu 2024, 11:10 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 11:10 WIB
60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Diantara yang mendapat surat rekomendasi PDIP adalah pasangan bakal calon Gubernur Jawa Tengah, Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Bandung - PDI Perjuangan saat ini telah resmi mengumumkan sejumlah bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepada daerah untuk Pilkada Serentak 2024. Salah satu yang masuk daftar pengumuman tersebut adalah pasangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi.

Melansir dari media sosial resminya Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri telah resmi mengusung Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi memberikan rekomendasi untuk Mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024,” tulis (@pdiperjuangan).

Pengusungan tersebut diumumkan secara resmi oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Gelombang Tiga di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (26/8/2024).

“Provinsi Jawa Tengah Jenderal TNI Purnawirawan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi,” ucap Hasto melalui kanal YouTube PDI Perjuangan.

Selain itu dalam akun Instagram pribadi milk Hendrar Prihadi, ia juga mengunggah video ketika dirinya dan Andika Prakasa resmi diusung dalam Pilkada 2024. Ia juga meminta doa dan dukungan terutama dari masyarakat Jawa Tengah.

mohon doa dan dukungan dari sedulur2 sekalian di Jawa Tengah. Bismillah.. Pak Andika dan Saya siap mengabdi untuk Jawa Tengah yang lebih baik dan lebih hebat,” ucapnya (@hendrarprihadi).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Hendrar Prihadi

Kepala LKPP Hendrar Prihadi saat menerima pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Istimewa)
Kepala LKPP Hendrar Prihadi saat menerima pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Istimewa)

Melansir dari beberapa sumber, Hendra Prihadi lahir pada tanggal 30 Maret 1971 di Semarang. Ia merupakan anak bungsu dari sepuluh bersaudara dan dibesarkan dalam keluarga militer dan diketahui ayahnya merupakan seorang anggota TNI.

Hendrar atau akrab disapa Hendi pernah menempuh pendidikan di SD Gergaji Semarang dan melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 3 Semarang. Kemudian Hendrar menempuh pendidikan SMA di SMA Negeri 1 Semarang.

Ia juga melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di UPN Yogyakarta sebelum akhirnya pindah ke Fakultas Ekonomi UNIKA Soegijapranata Semarang. Di kampus tersebut Hendrar meraih gelar Sarjana Ekonomi.

Kemudian Hendrar juga menempuh pendidikan magister di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro dan melanjutkan program Doktor Ilmu Sosial di Universitas Diponegoro.


Perjalanan Karier Hendrar Prihadi

Hendrar Prihadi
Hendrar Prihadi (Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelum terjun dalam dunia politik Hendrar memulai kariernya dengan berfokus kepada berbagai profesi. Ia pernah bekerja menjadi sales kacamata dan berjualan ikan di pasar hingga akhirnya merintis usaha sendiri dengan mendirikan perusahan di bidang konstruksi.

Hendrar juga aktif mengikuti organisasi bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah selama dua periode. Posisinya tersebut memberikan pengaruh kuat di kalangan pemuda dan membawanya ke dunia politik.

Diketahui ia mulai memasuki dunia politik dengang menjadi Wali Kota Semarang dan menjabat selama tiga periode berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2022. Hendrar juga pernah menjadi Plt. Wali Kota Semarang dari tahun 2011 hingga 2013.

Pada masa kepemimpinannya kota Semarang diketahui memiliki banyak perubahan dari program inovatif yang ia jalankan. Hendrar juga diangkat menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di tahun 2022.


Daftar Pendidikan dan Riwayat Jabatan Hendrar Prihadi

Kepala LKPP Hendrar Prihadi
Kepala LKPP Hendrar Prihadi. (Dok. LKPP)

Melansir dari situs resmi LKPP berikut ini lebih detailnya daftar pendidikan dan riwayat jabatan Hendrar Prihadi:

Daftar Pendidikan Formal:

1. S3 Universitas Diponegoro | Lulus tahun 2021.

2. S2 Universitas Diponegoro | Lulus tahun 2002.

3. S1 UNIKA Soegijapranata | Lulus tahun 1997.

Riwayat Jabatan:

1. Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah | 2022 - Sekarang.

2. Wali Kota Semarang | 2021 - 2022.

3. Wali Kota Semarang | 2016 - 2022.

4. Wali Kota Semarang | 2016 - 2021.

5. Plt. Wali Kota Semarang | 2011 - 2013.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya