Polisi Tegaskan Netralitas Pilkada, Jamin Masyarakat Salurkan Hak Pilih Sesuai Hati Nurani

Polres Rokan Hulu menyatakan netralitas Polri dalam mengawal setiap tahapan Pilkada 2024 untuk menjamin masyarakat menyalurkan hak pilih sesuai hati nurani.

oleh M Syukur diperbarui 30 Sep 2024, 13:38 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 13:35 WIB
Cek kesehatan personel Polres Rokan Hulu yang melaksanakan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning mengawal tahapan Pilkada 2024.
Cek kesehatan personel Polres Rokan Hulu yang melaksanakan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning mengawal tahapan Pilkada 2024. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Polres Rokan Hulu (Rohul) mengecek kesehatan personel yang telah mengamankan tahap demi tahap pemilihan kepala daerah (Pilkada). Kegiatan ini dilakukan setelah apel pagi yang dipimpin Kapolres AKBP Budi Setiyono SIK.

Budi menjelaskan, pengamanan Pilkada dilakukan dalam Operasi Mantap Praja Lancang Kuning. Dia menyatakan Polri selalu netral untuk memberikan rasa aman kepada penyelenggara dan peserta Pilkada.

 

"Polisi menjamin masyarakat menyalurkan hak pilih sesuai hati nurani, oleh karena itu mari menjaga dan memelihara situasi tetap kondusif," kata Budi, Senin siang, 30 September 2024.

Dalam mengawal peserta demokrasi untuk mewujudkan Pilkada damai, kepolisian mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Selanjutnya didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum.

Netralitas perlu dijaga dan Budi meminta personelnya proaktif memperkokoh sinergi dengan penyelenggara Pilkada, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya.

"Personel tidak boleh berpihak kepada kelompok tertentu, berikan pelayanan dan pelayanan polisional selama berlangsungnya tahapan-tahapan Pilkada 2024," tegasnya.

Budi berpesan agar personel mempersiapkan kesehatan mental dan fisik. Berikutnya dilandasi komitmen moral serta disiplin kerja tinggi dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Adapun pemeriksaan kesehatan meliputi cek tekanan darah atau tensi serta pemberian vitamin kepada personil yang terlibat mengawal Pilkada. 

Beberapa personel ditemukan memiliki tekanan darah tinggi. Personel selanjutnya disarankan menjaga pola istirahat dan kesehatan agar tetap siap dan fit dalam menjalankan tugas.

"Kegiatan ini diharap mampu mendukung kesiapan fisik personel melaksanakan tugas-tugas operasional ke depannya," tegas Budi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya