Simak, Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa dilakukan dengan cara yang alami seperti mengonsumsi buah-buahan berikut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 07 Okt 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 13:00 WIB
Penderita Diabetes Rentan Mengalami Kolesterol Tinggi
Penderita Diabetes Rentan Mengalami Kolesterol Tinggi

Liputan6.com, Bandung - Pada era modern seperti saat ini kasus kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang marak terjadi baik pada anak muda hingga lansia. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya perubahan gaya hidup yang semakin tidak aktif.

Terutama bagi orang-orang yang cenderung menjalani gaya hidup yang lebih banyak duduk seperti bekerja di depan komputer selama berjam-jam. Aktivitas fisik yang minim dengan pola makan yang tidak sehat bisa jadi penyebab utama kolesterol.

Bahkan, mengonsumsi makanan seperti makanan tinggi lemak jenuh, gula, dan makanan cepat saji dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Penyakit kolesterol ini tidak hanya menyerang orang tua tetapi ditemukan pada dewasa muda bahkan remaja.

Melansir dari Kemenkes, penyakit kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Ketika kolesterol dalam tubuh tinggi dan tidak segera diatasi bisa berisiko menyumbat pembuluh darah.

Akibatnya seseorang bisa mengalami permasalahan penyakit lain mulai dari jantung, stroke, angina, hingga aterosklerosis. Seseorang yang mengalami kolesterol biasanya memiliki sejumlah gejala yang umum terlihat.

Di antaranya, penderita bisa mudah mengantuk karena pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang. Kemudian juga bisa merasakan kesemutan pada bagian kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu karena ada syarat yang tidak mendapat pasokan darah optimal.

Selain itu, penderita kolesterol tinggi juga bisa merasakan gejala pegal pada tengkuk atau pundak hingga rasa nyeri di kaki. Adapun bagi penderita kolesterol bisa memperhatikan sejumlah cara alami untuk mengatasi kolesterol tinggi.


Cara Alami untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Melansir dari situs resmi Kemenkes mengatasi kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan cara-cara yang alami terutama dengan mengonsumsi buah-buahan berikut:

1. Apel

Apel merupakan buah yang menyimpan khasiat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Pasalnya buah ini mengandung zat beta-glucan yang berfungsi untuk mengontrol produksi kolesterol di dalam darah.

Selain itu, rasa apel yang nikmat dan segar menjadi buah-buahan yang populer untuk dikonsumsi. Apel juga menyimpan serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Khasiat lainnya juga bisa membantu untuk mencegah arteri mengeras sehingga dapat melindungi tubuh dari risiko serangan jantung atau stroke. Buah ini juga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi cuka apel.

Biasanya konsumsi cuka apel secara rutin juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis juga dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan senyawa flavonoid di dalam buah ini bisa membantu untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL.


Berikutnya

jus tomat
Ilustrasi jus tomat lezat | copyright freepik.com/azerbaijan-stockers

3. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang baik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Pasalnya tomat yang sudah dimasak bahkan memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol.

Selain itu, ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak tomat dikenal tidak mempunyai efek samping seperti lemas, sakit otot, atau kerusakan saraf. Diketahui khasiat tomat berasal dari senyawa likopen pemberi warna merah pada buah tersebut.

Likopen adalah antioksidan yang baik untuk tubuh dan berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Tomat juga mengandung vitamin B untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

4. Semangka

Buah semangka tidak hanya dikenal segar tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Pasalnya buah ini juga mengandung likopen yang mirip seperti tomat sehingga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.


Selanjutnya

alpukat smoothies
ilustrasi alpukat/copyright by (Shuttersock)

5. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Meskipun buah ini sering disebut mengandung banyak lemak tetapi kandungan lemak tersebut adalah lemak yang menyehatkan.

Pasalnya 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal. Sehingga alpukat bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat atau LDL.

Selain itu, alpukat juga menyimpan berbagai khasiat untuk menjaga pembuluh darah karena mengandung serat dan omega-9. Kandungan seratnya sangat bermanfaat baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh tetap rendah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya