Intip, Pesona Kebun Buah Mangunan Wisata Indah di Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik di Yogyakarta. Pasalnya pengunjung bisa menikmati indahnya Jogja dari ketinggian.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 17 Okt 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 06:00 WIB
Puncak Kebun Buah Mangunan
keindahan eksotik dari atas puncak kota Yogyakarta

Liputan6.com, Bandung - Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota yang menawarkan wisata budaya dan sejarah tetapi juga menawarkan sejumlah tempat wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan.

Diketahui kota ini memiliki banyak pilihan wisata menarik yang bisa dinikmati salah satunya Kebun Buah Mangunan. Sebagai informasi, wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah karena berlokasi di kawasan perbukitan.

Pengunjung yang mendatangi kota ini akan melihat pemandangan memukau terutama ketika pagi hari karena terdapat kabut tipis yang menyelimuti lembah sekitarnya. Pemandangan tersebut juga membuat tempat wisata ini dijuluki sebagai “negeri di atas awan”.

Selain itu, pengunjung juga sering disarankan untuk datang pada waktu pagi menjelang siang ketika cuaca cerah. Sebab dengan cuaca yang cerah pemandangan bisa lebih jelas terlihat dan memanjakan mata.

Jika pengunjung membawa drone tentunya tempat ini jadi spot yang menarik untuk merekam momen dari ketinggian. Pasalnya suasana di sekitar tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan hijau berpadu dengan langit yang memukau.

Ketika pagi hari pengunjung bisa melihat kabut tipis serta matahari yang terbit secara perlahan menciptakan suasana langit yang cantik. Kemudian udara di tempat ini juga dikenal sejuk dari wilayah Yogyakarta lainnya.

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan juga cukup terjangkau sehingga jadi pilihan untuk menikmati wisata dengan harga murah namun memuaskan. Lebih jelasnya lagi berikut ini daya tarik, fasilitas, hingga lokasi dan rute ke Kebun Buah Mangunan.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

[Bintang] Yogyakarta
Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta. (telusurindonesia.com)

Kebun Buah Mangunan berlokasi di kawasan perbukitan sehingga mempunyai daya tarik utama bagaikan negeri di atas awan. Tempat wisata ini juga memiliki area jalan yang sudah bagus dan mudah untuk diakses.

Melansir dari situs Kab Bantul tempat wisata ini populer jadi destinasi berlibur untuk keluarga, anak-anak, pelajar, hingga mahasiswa. Daya tarik utama tempat ini adalah menikmati pemandangan alam indah dari ketinggian.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang perbukitan lain dan jika awan atau embun sedang menutupi sejumlah area bukit tentu menawarkan nuansa bagaikan di negeri dongeng yang menakjubkan.

Selain itu, tempat ini juga memiliki hawa sejuk yang menyegarkan dan terdapat kebun buah yang terdiri dari beragam jenis buah. Wisatawan juga bisa mencoba memetik buah langsung dari kebunnya ketika memasuki musim buah atau panen.

Fasilitas dan Harga Tiket Kebun Buah Mangunan

[Bintang] Kebun Buah Mangunan, Imogiri, Yogyakarta
Kebun Buah Mangunan, Imogiri, Yogyakarta. (katadia.com)

Melansir dari situs resmi Kab Bantul tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari area parkir, toilet umum, jalan setapak untuk mengitari lokasi wisata, kawasan penginapan, gazebo untuk bersantai, an masih banyak lagi.

Tempat wisata ini juga memiliki kebun buah dengan jenis yang beragam seperti buah mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, belimbing, dan buah lainnya. Biasanya wisatawan juga bisa memetik buah tersebut terutama ketika musim panen.

Selain itu, Kebun Buah Mangunan juga menyediakan area menarik untuk wisata keluarga hingga pertemuan kantor atau sekolah. Tempatnya juga bisa jadi lokasi pelatihan atau wisata pendidikan bagi sekolah.

Kemudian Kebun Buah Mangunan juga bisa dinikmati sebagai area bersantai atau menikmati aktivitas outbond yang menarik. Adapun harga tiket masuknya cukup terjangkau pada hari biasa dibanderol dengan tarif Rp 7 ribu dan akhir pekan atau hari libur Rp 8 ribu.

Lokasi dan Rute ke Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta
Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta.

Kebun Buah Mangunan berlokasi di Jl. Imogiri-Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 05.00 hingga 18.00 WIB.

Bagi wisatawan yang datang dari kawasan pusat kota Yogyakarta bisa menempuh jarak sekitar 23 km atau 48 menit. Adapun untuk wisatawan yang datang dari kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta bisa menempuh jarak 25,4 km atau 56 menit perjalanan.

Kebun Buah Mangunan juga bisa diakses dari Pantai Parangtritis dengan menempuh jarak sekitar 25,1 km atau 44 menit perjalanan dengan kendaraan. Tempat ini juga dekat dengan kawasan wisata lainnya seperti Desa Wisata Kaki Langit hingga Seribu Batu Songgo Langit.

Pengunjung yang ingin berlibur beberapa hari juga tidak perlu khawatir karena tidak jauh dari kawasan tersebut ada sejumlah penginapan yang bisa disewa. Kemudian juga tempatnya tidak jauh dari lokasi kuliner dari warung makan atau restoran lokal.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya