Marshanda Jadi `Mesin ATM`, Psikolog: Itu kan Kata Pengacara

Psikolog Rose Mini sumbang pendapat soal masalah yang kini timbul antara Marshanda dengan ibunya, Riyanti Sofyan.

oleh Julian Edward diperbarui 06 Agu 2014, 13:30 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2014, 13:30 WIB
Marshanda
(ilustrasi)

Liputan6.com, Jakarta Psikolog Rose Mini sumbang pendapat soal masalah yang kini timbul antara Marshanda dengan ibunya, Riyanti Sofyan. Pengajar di Universitas Indonesia yang akrab disapa Bunda Romi itu meminta masyarakat berpikir jernih dalam menyikapi ucapan yang dilontarkan kuasa hukum Chacha, sapaan Marshanda.

Konflik antara Chacha dan Riyanti terkuak setelah kuasa hukum Chacha, O.C Kaligis, koar-koar di media bahwa kliennya telah dipasung selama delapan hari di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo. O.C Kaligis menuding, Riyanti memasung pesinetron Bidadari itu karena tak ingin kehilangan `mesin ATM`, merujuk pada penghasilan Chacha yang amat besar di dunia hiburan.

"Soal jadi mesin ATM, itu kan yang ditulis dan yang dikatakan oleh pengacaranya. Bisa saja itu benar, tapi kita juga harus lihat dari sisi Mama nya Marshanda," kata Bunda Romi saat dihubungi via telepon, Rabu (6/8/2014).

"Masalah ini harus kita lihat dari dua sisi. Mungkin saja mamanya punya maksud tertentu mengenai penghasilan Marshanda, apakah dia boros misalnya, tidak bisa mengatur uang sehingga mamanya turun tangan," terang bunda Romi.

Pasalnya, banyak contoh di dunia hiburan di mana selebriti perempuan mendapat perhatian khusus dari ibunya, termasuk dalam urusan finansial. Maka itu, banyak ibunda artis yang turun tangan jadi manajer. Contohnya Cinta Laura, Nikita Willy dan Prilly Latuconsina.

Di lain sisi, O.C Kaligis menganggap upaya Riyanti merupakan bentuk pengekangan yang tak ingin Chacha jauh dari keluarga. Masih kata O.C Kaligis, inilah yang membuat Riyanti kemudian `memasung` Chacha.

Sementara itu, terlalu dangkal bila menganggap kisruh Chacha dan Riyanti hanya karena uang saja. "Saya melihatnya kalau masalah dengan keluarganya ini bukan masalah baru, ini kejadian yang sudah berulangkali dan sekarang ini sudah puncak akumulatif dari permasalahan yang ada," jelas Bunda Romi.

"Marshanda ada sisi ingin berontak. Kalau kita baca dari satu sisi saja nanti akan timbul persepsi seolah-olah Marshanda benar dan ibunya salah. Jadi kita musti lihat juga dinamika keluarganya seperti apa," tutup Bunda Romi.(Jul/Mer)

 

Baca juga:

Seperti Ini Gambaran Ruang Pemasungan Marshanda
Marshanda Jadi 'ATM Berjalan' bagi Sang Ibu?
Ini Alasan Ibu Memasung Marshanda
Psikologi Marshanda Terguncang, Ben Kasyafani Mantap Bercerai?
Marshanda: Saya Alami Guncangan Jiwa

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya