Pengakuan Sahabat ketika Menyaksikan Yana Zein Ucapkan Syahadat

Linggasuri menyaksikan sendiri dua kalimat syahadat keluar dari mulut Yana Zein

oleh Rizky Aditya Saputra diperbarui 06 Jun 2017, 11:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2017, 11:30 WIB
Yana Zein
Linggasuri menyaksikan sendiri dua kalimat syahadat keluar dari mulut Yana Zein

Liputan6.com, Jakarta Polemik apa sebenarnya agama yang dianut Yana Zein sempat menjadi perdebatan serius orangtuanya, Nurzaman Zein dan Swetlana. Yana Zein sempat disemayamkan di Rumah Duka RS Fatmawati dengan ritual Nasrani, hingga Nurzaman muncul jelang penutupan peti mati putri sulungnya itu.

Nurzaman yakin Yana meninggal dalam keadaan beragama Islam. Sementara Swetlana menyodorkan bukti KTP anaknya yang bertuliskan beragama Nasrani. Nurzaman dan Swetlana diketahui sudah bercerai. Jenazah Yana Zein pun akhirnya dimakamkan secara Islam di TPM Bulak Lebar, Cinere, Depok.

 

Keterangan sahabat Yana Zein, artis Linggasuri, agaknya bisa menjernihkan semuanya,  Ia mengaku pernah menyaksikan pesinetron Cinta di Langit Taj Mahal itu bersyahadat saat dirawat dirumah sakit. "Saya lihat Yana ucapkan syahadat di RS Siloam," kata Linggasuri di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017).

Kala itu, kata Linggasuri, dirinya bersama teman-teman sengaja menjenguk Yana Zein yang divonis terkena penyakit kanker payudara. Yana pun diminta untuk bersyahadat sebelum didoakan kesembuhan.

"Kami datang dengan seorang guru spiritual. Kami berharap sakitnya sembuh, dibersihkan dulu jiwanya dan Yana mau. Dia harus ucapkan dua kalimat syahadat, terus dia membaca ayat-ayat yang diawali syahadat. Dia kembali ke akidah kita (Islam)," ujar Linggasuri

"Yana secara lantang bersyahadat. Saya menyaksikan sendiri dia bersyahadat. Dan waktu berkumpul pemain Tersanjung, saya pimpin doa secara Islam, enggak ada penolakan dari dia kok. Jadi dia muslim," lanjut pemain sinetron ini.

Makanya, Linggasuri merasa heran ketika dirinya melihat jenazah Yana Zein disemayamkan di rumah duka, dikenakan busana dan dimasukkan ke dalam peti seperti ritual jenazah umat Nasrani.

"Yana tidak pernah beritahu saya kalau dia pindah agama (Kristen). Saya cuma pernah dengar selentingan dia pindah, ya itu dulu. Jadi saya anggap enggak pernah pindah agama (tetap Islam)," ungkap Linggasuri. (Ras)‎

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya