Komika Bintang Emon Diserang karena Sindiran soal Persidangan Novel Baswedan?

Bintang Emon juga sempat mengungkap akun email miliknya, kakak, dan manajer, menjadi sasaran perbuatan bandel seseorang.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 15 Jun 2020, 10:06 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2020, 10:02 WIB
7 Aksi Bintang Emon Saat 'Ngomel' Ini Viral Sekaligus Kocak
Bintang Emon juga sempat mengungkap akun email miliknya, kakak, dan manajer, menjadi sasaran perbuatan bandel seseorang. (Sumber: Instagram/bintangemon)

Liputan6.com, Jakarta - Nama komika Bintang Emon tiba-tiba bertengger di trending topic nomor satu di Indonesia, Senin (15/6/2020) pagi ini. Di waktu yang sama, Bintang Emon ternyata menggembok akun Twitter miliknya.

Tak hanya itu, warganet menemukan sejumlah akun Twitter menyebarkan isu bahwa Bintang Emon menggunakan narkoba. Janggalnya, cuitan ini memiliki konten tulisan yang nyaris seragam.

Dalam salah satu cuitan terbarunya yang dibagikan kembali oleh warganet, Bintang Emon juga sempat mengungkap akun email miliknya, kakak, dan manajer, menjadi sasaran "perbuatan bandel" seseorang.

Mayoritas warganet meyakini bahwa seluruh kejadian ini berkaitan dengan bit stand up comedy milik Bintang Emon sebelumnya, yang menjadi viral. Yakni sindirannya atas persidangan Novel Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral

Video Bintang Emon menjadi viral. (Instagram/ bintangemon)
Video Bintang Emon menjadi viral. (Instagram/ bintangemon)

Bintang Emon mengunggah video sindirannya di Instagram, Jumat (12/6/2020) lalu. Saat berita ini ditulis, video berdurasi 1 menit 43 detik tersebut telah ditonton lebih dari 7,7 juta kali.

Unggahan ini diberi caption, "Ga sengaja."

Dalam video tersebut Bintang Emon menyindir alasan ketidaksengajaan, di balik tuntutan ringan dari jaksa kasus penyiraman air keras Novel Baswedan.

"Katanya enggak sengaja, tapi kok bisa sih kena muka? Kan kita tinggal di bumi, gravitasi pasti ke bawah. Nyiram badan enggak mungkin meleset muka," kata Bintang Emon membuka videonya.


Jalan Handstand

[Bintang] Bintang Emon
Bintang Emon. (Instagram/bintang.emon)

Kecuali, kata Bintang Emon, Novel Baswedan jalan dengan gaya handstand.

"Bisa lu protes, 'Pak Hakim, saya niatnya mau nyiram badan tapi karena dia bertingkah jadinya kena muka.' Bisa, masuk akal. Sekarang tinggal kita cek, yang kagak normal cara jalannya Pak Novel Baswedan atau hukuman buat kasusnye?," tanya sang juara Stand Up Comedy Academy 3 Indosiar.


Sensitif

[Bintang] Bintang Emo
Bintang Emon, juara SUCA 3. (Instagram/bintang.emon)

Komika bernama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra ini tampaknya sudah merasa bahwa topik yang ia angkat ini terbilang sensitif.

Di akhir video tersebut ia berujar, "Lho kok, ada tukang bakso?"

Sekadar informasi, di media sosial tukang bakso sering dikaitkan dengan profesi yang kerap digunakan intel untuk menyamar.


Reaksi Warganet

Bintang Emon (Instagram/ bintangemon)
Bintang Emon (Instagram/ bintangemon)

Warganet sendiri, ramai-ramai mengungkap dukungan untuk Bintang Emon. Tak sedikit juga meminta agar dijaga keselamatannya. Baik secara fisik, maupun serangan jagat maya lewat buzzer.

"Lindungi Bintang Emon dengan cara apa pun! Para BuzzeRp menyerang komedian favoritku karena mengungkap kebenara. Dia tidak menyebut nama yang bertanggung jawab di balik serangan Novel Basweda, hanya membandingkan kelakuanmu dengan setan. Mengapa kalian meneror dirinya dan keluarganya? MEMALUKAN!" tulis @granger_cherry.

"Bintang emon adalah sebuah contoh dimana kebebasan untuk berpendapat dan menyuarakan sebuah ketidak benaran yang ada dimasyarakat itu dirampas, seakan akan yang berpendapat itu seorang penjahat!Miris Indonesia ku saat ini, KALIAN JANGAN CUEK !semangat bang @bintangemon," tulis @anak90an_ yang hampir mendapat seribu retweet dan lebih dari 2.500 tanda favorit.


Dibela Pandji

Unggahan Pandji Pragiwaksono membela Bintang Emon. (Twitter/ pandji)
Unggahan Pandji Pragiwaksono membela Bintang Emon. (Twitter/ pandji)

Rekan sesama komika Pandji Pragiwaksono, juga pasang badan membela komika 24 tahun tersebut. Ia menyertakan cuitan yang berisi tudingan yang dilontarkan kepada Bintang Emon.

"Sekarang Indonesia tau Bintang Emon melakukan hal yg benar karena fitnah oleh organisator akun2 ini mengungkap bhw mereka ada di posisi yg salah," begitu isi cuitan Pandji, yang di-retweet lebih dari 7 ribu kali dan difavoritkan 14 ribu warganet.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya