Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore Kena Sensor di Tiongkok Gara-Gara Adegan Asmara Sesama Jenis

Adegan dalam Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore tersebut melibatkan dua karakter yang tak asing lagi, yaitu Albus Dumbledore (Jude Law) dan Gellert Grindelwald (Mads Mikkelsen).

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 14 Apr 2022, 10:30 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2022, 10:30 WIB
Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore
Film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore. (Warner Bros Pictures)

Liputan6.com, Jakarta Film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore yang sedang tayang di bioskop rupanya mengalami sensor yang ketat di Tiongkok. Hal itu terjadi lantaran di dalamnya terdapat adegan LGBTQ+, yang menyorot hubungan asmara sesama karakter pria.

Adegan tersebut melibatkan dua karakter yang tak asing lagi, yaitu Albus Dumbledore (Jude Law) dan Gellert Grindelwald (Mads Mikkelsen). Sensor atas permintaan pemerintah Tiongkok tersebut dilakukan dengan cara menyunting enam detik dialog kedua karakter.

Melansir The Hollywood Reporter, belum lama ini, selama durasi enam detik tersebut, diketahui terdapat dialog yang diperagakan Mads Mikkelsen, "Karena aku jatuh cinta padamu." Lalu dbalas oleh Jude Law, "Musim panas, Gellert, dan aku sedang jatuh cinta."

Pihak Warner Bros sempat buka suara atas isu sensor yang berasal dari permintaan pemerintah Tiongkok ini. Mereka menegaskan bahwa makna film ini tak akan berubah meskipun sudah dipotong untuk adegan tersebut.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjaga Keutuhan Film

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore
Film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore. (Warner Bros Pictures)

Dalam keterangannya, tampak Warner Bros melakukan penyensoran tersebut lantaran mereka tetap ingin film-filmnya bisa diterima dan dinikmati di hampir seluruh pasar dunia.

"Sebagai studio, kami berkomitmen untuk melakukan pengamanan terhadap keutuhan setiap film yang kami rilis, dan itu meluas ke keadaan yang mengharuskan membuat pemotongan bernuansa dalam rangka menanggapi secara sensitif beragam faktor di pasar," jelas perwakilan Warner Bros dalam pernyataannya kepada The Hollywood Reporter.

"Harapan kami adalah merilis fitur kami di seluruh dunia seperti yang dirilis oleh para kreator mereka, tetapi secara historis kami telah menghadapi penyuntingan kecil yang dilakukan di pasar lokal," sambung mereka menjelaskan.

"Dalam kasus Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore, potongan enam detik diminta dan Warner Bros menerima perubahan tersebut untuk memenuhi persyaratan lokal, tetapi semangat film tetap utuh," tambahnya.

 


Dinikmati Penonton Tiongkok

Tayang 2022, 8 Adegan Fantastic Beasts Ini Disebut Tak Masuk Akal dari Film Harry Potter
Tayang 2022, 8 Adegan Fantastic Beasts Ini Disebut Tak Masuk Akal dari Film Harry Potter (sumber: Brainberries)

Film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore ini sudah tiba di Tiongkok dan mencetak box office pada penayangan di akhir pekan perdana.

Hal itu tak lepas dari komitmen Warner Bros untuk tetap menjaga film ini tayang di Negeri Panda tersebut.

"Kami ingin penonton di mana pun di dunia untuk melihat dan menikmati film ini, dan penting bagi kami bahwa penonton China juga memiliki kesempatan untuk mengalaminya, bahkan dengan penyuntingan kecil ini," ujar perwakilan Warner Bros dalam pernyataan yang sama.

 


Kisah Cinta Dumbledore

Sebelumnya, kreator waralaba dunia sihir Harry Potter ini, J.K. Rowling, yang juga menjabat sebagai produser sekaligus penulis naskah, sempat mengejutkan para penggemar dengan pernyataannya seputar Albus Dumbledore.

Pada sebuah acara penggemar perilisan novel Harry Potter and the Deathly Hallows pada 2007 silam, J.K. Rowling menyampaikan bahwa Dumbledore merupakan seorang gay.

Dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, kedekatan Dumbledore dan Grindelwald sempat menjadi sorotan namun hubungan asmara tak ditegaskan sampai akhirnya adegan di film terbaru ini muncul.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya