Nasihat Penting Jokowi kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dalam Acara Ngunduh Mantu di Solo

Tampak selama prosesi Tumplak Punjen, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, mengapit cucu pertama mereka, Jan Ethes, sebelum sang presiden menyampaikan nasihat kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, serta anak-anak dan menantu yang lain.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 11 Des 2022, 10:09 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 10:09 WIB
Jokowi dan Keluarga Menjalani Tumplak Punjen Kaesang Erina
Jokowi dan keluarga menjalani Tumplak Punjen di acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). (SCTV via YouTube Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta Kaesang Pangarep kini sudah sah menjadi suami Erina Gudono setelah keduanya menjalani ijab kabul selama prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022). Putra bungsu Jokowi pun menjalani upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022).

Setelah pengantin duduk di pelaminan, barulah setelah itu upacara Pangabekten atau sungkeman pengantin dilaksanakan, disusul oleh Tumplak Punjen yang dilaksanakan dengan mendengar nasihat dari ayah Kaesang Pangarep, Joko Widodo alias Presiden Jokowi.

Tampak selama prosesi ini, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, mengapit cucu pertama mereka, Jan Ethes. Sementara Ibunda Erina Gudono didampingi oleh kakaknya. Setelah pengantin melaksanakan sungkeman, Jokowi menyampaikan nasihat dalam bahasa Jawa kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Di hadapan mereka terlihat anak-anak dan para menantu bersimpuh di hadapan Jokowi. Sementara cucu-cucu Jokowi yang lain juga ikut serta termasuk Jan Ethes. Dari kalimat yang disampaikan, Jokowi utamanya mendoakan yang terbaik kepada anak-anaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nasihat Jokowi

Jokowi dan Keluarga Menjalani Tumplak Punjen Kaesang Erina
Jokowi dan keluarga menjalani Tumplak Punjen di acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). (SCTV via YouTube Liputan6)

Salah satu nasihat yang cukup penting dari Jokowi kepada anak-anak dan para menantunya, terutama Kaesang dan Erina, adalah ketika ia meminta agar mereka bisa menjalani kehidupan rumah tangga sambil melakukan hal yang berguna untuk banyak orang.

"Kalian harus bisa menjalani hidup berumah tangga secara agung yaitu bisa berguna untuk sesamamu, bangsa, negara, dan agamamu," ucap Presiden Jokowi, dalam bahasa Jawa kepada anak-anak dan menantunya, seperti bisa disimak melalui siaran langsung SCTV pada Minggu (11/12/2022) pagi, melansir YouTube Liputan6.com.


Busana Kaesang

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat menjalani upacara adat ngunduh di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022). (Foto: Tangkap Layar SCTV via YouTube Liputan6)

Selama upacara adat Ngunduh Mantu, Kaesang Pangarep mengenakan baju adat Basahan, begitu juga dengan pengantin wanita. Kaesang pun tampak gagah tanpa berbaju, sementara Erina Gudono terlihat anggun sambil mengenakan kemben.

Setelah menggelar upacara adat Ngunduh Mantu, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pun berganti pakaian untuk melanjutkan acara selanjutnya yang lebih meriah, yaitu resepsi pernikahan.


Acara Selanjutnya

Prosesi kemudian dijalani dengan nyebar udik-udik yaitu menabur beras dan uang lalu, serta prosesi begalan/membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dan lain-lain.

Selanjutnya, yaitu kirab pengantin, di mana kedua mempelai pengantin dikawal dari Loji Gandrung ke Mangunegaran. Ada 10 rombongan kereta kencana yang mengiringi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Kereta kencana pertama diisi oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Disusul dengan kereta kencana kedua dan seterusnya yang diisi oleh keluarga Kaesang Pangarep dan Erina.

Sementara Jokowi dan Iriana Jokowi mengisi kereta kencana kesepuluh, atau rombongan terakhir.

Sepanjang rute iring-iringan kirab pengantin ini dipenuhi oleh ribuan warga masyarakat yang hadir menyaksikan prosesi tersebut. Tampak warga masyarakat begitu antusias menyambut rombongan pengantin di sisi kanan dan kiri jalan.

Sesekali Erina Gudono dan Kaesang Pangarep menyapa langsung para warga masyarakat sambil melambaikan tangan dan melempar senyuman.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya