Ria Ricis Masuk Rumah Sakit karena Mastitis, Tetap Menyusui Meski Diinfus

Ria Ricis sampai demam tinggi karena mastitis untuk kedua kalinya.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 22 Des 2022, 15:30 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 15:30 WIB
[Fimela] Ria Ricis
[Youtube/Ricis Official]

Liputan6.com, Jakarta Ria Ricis dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami demam tinggi. Istri Teuku Ryan itu rupanya mengalami mastitis. Ini merupakan kali kedua dia menderita keluhan yang sama.

Dikutip dari Health Liputan6.com, mastitis adalah proses peradangan pada satu atau lebih segmen payudara yang mungkin disertai infeksi atau tanpa infeksi. Ini adalah hal yang menakutkan bagi ibu menyusui.

Melalui akun Instagramnya, YouTuber terkenal ini menjelaskan penyebab terkena mastitis. "Diakibatkan karena asi yang berlebih dan tidak dikosongkan secara maksimal," kata dia di Instagram Story, Rabu (21/12/2022).

"Akhirnya membengkak dan infeksi. Itu yang mengakibatkan demam dan nyeri berhari-hari," adik Oki Setiana Dewi menyambung pernyataan.


Pengosongan ASI

Ria Ricis
(Foto: Instagram/ riaricis1795)

Ria Ricis menuturkan bawa pengosongan ASI secara maksimal bisa dilakukan apabila bayinya hanya menyusui dari payudara secara langsung. Namun ini sulit dia lakukan.

"Sebagai ibu yang bekerja, bu icis belum bisa menyusui Moana secara langsung 100 persen jadi dimix dengan botol susu," ia menjelaskan.


Sudah Sehat

Ria Ricis
(Foto: Instagram/ riaricis1795)

Sebenarnya wanita berusia 27 tahun ini sudah memompa ASI-nya setiap tiga jam sekali, namun ini masih belum cukup untuk mengosongkan payudaranya.

"Ditambah ASI yang sangat kental membuat ASI susah keluar lewat pompa, tapi alhamdulillah Bu Icis sudah sehat sekarang. Sudah bisa main sama Mba Moana," ungkapnya.


Menyusui

Ria Ricis
(Foto: Instagram/ riaricis1795)

Dalam keadaan sakit pun Ria Ricis tetap menyusui buah hatinya secara langsung. "Walaupun ibu diinpus, mau tetep nen ibu," ujarnya.

Berat badan Ria Ricis juga terus meningkat meski kondisinya sedang kurang sehat. Berat badannya naik sebanyak 4 kilogram dalam waktu seminggu karena nafsu makan yang tidak turun.

Infografis Ancaman Gelombang PHK Massal Akibat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ancaman Gelombang PHK Massal Akibat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya