Tulus Gelar Tur Manusia 2023 di 11 Kota Jumat Malam Ini di Jakarta, Siapa Saja Deretan 9 Tamu Istimewa yang Diajak Tampil Membuka Konser

Tulus akan melengkapi perjalanannya berkeliling ke 11 kota di Indonesia dalam rangka Tur Manusia 2023. Di tiap kota, Tulus pun mengajak satu musisi untuk membuka konsernya, ini dia 9 bintang tamu istimewa yang diajak tampil.

oleh Jeremia Agung Ananta diperbarui 03 Mar 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 15:30 WIB
Potret Tulus Saat Konser di Bandung Sebagai Rangkaian Tulus Tur Manusia 2023
Potret Tulus Saat Konser di Bandung Sebagai Rangkaian Tulus Tur Manusia 2023. (Instagram: @tulusturmanusia)

Liputan6.com, Jakarta - Tulus akan melengkapi perjalanannya berkeliling ke 11 kota di Indonesia dalam rangka Tur Manusia 2023. Jakarta pun menjadi pemberhentian terakhir dari konser yang telah dimulai tanggal sejak 1 Februari 2023 lalu. 

Tur ini digelar sebagai tanda terima kasih Tulus kepada para pendengarnya terhadap cinta yang diberikan kepada Album Manusia rilis tahun lalu (03/03/2022). Tanggal 3 Maret pun kembali menjadi tanggal spesial karena persis setahun setelah perilisan album itu. Jumat hari ini Tulus adakan hari terakhir Tur Manusia di Jakarta

Sudah 10 kota ia datangi, penggemar pelantun lagu “Hati-hati di Jalan” yang tersebar di Indonesia yang menyaksikan tur musik itu mengungkapkan perasaan senang mereka karena penampilan yang terasa magis. Para penonton mengaku sangat bahagia dan merasa bahwa menonton Tur Manusia 2023 adalah pilihan yang tak akan mereka sesali.

Untuk melengkapi penampilannya, Tulus pun mengundang beberapa musisi tanah air sebagai tamu istimewa dalam konsernya. Mereka pun diberikan kesempatan untuk membuka tur tersebut sebelum akhirnya Tulus naik ke atas panggung. Yuk, kenalan dengan para tamu istimewa yang menemani perjalanan Tulus!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rafi Sudirman

Potret Rafi Sudirman dan Tulus Usai Konser di Medan
Potret Rafi Sudirman dan Tulus Usai Konser di Medan. (Instagram: @rafisudirman)

Rafi Sudirman merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, produser, dan musisi instrumental yang telah memulai perjalanannya dalam bermusik sejak ia masih kecil. Bahkan ia pernah memenangkan penghargaan kategori Artis Solo Anak Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia 2017.

Baru-baru ini ia pun bekerja sama dengan grup musik MALIQ & D’Essentials untuk bawakan ulang lagu “HEAVEN” dengan aransemen khas musik sesuai karakter Rafi. Rafi dipercaya oleh Tulus untuk warnai turnya di Medan (1/2/2023).


2. Idgitaf

Foto Idgitaf saat Tampil di Depan Para Penggemar
Foto Idgitaf saat Tampil di Depan Para Penggemar. (Instagram: @idgitaf)

Idgitaf atau yang bernama asli Brigitta Sriulina Beru Meliala ini lahir pada tahun 2021 dan menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Meski baru merilis debut pada akhir 2020 lalu, gadis cantik ini telah berhasil masuk ke beberapa nominasi penghargaan musik Indonesia.

Tanggal 22 Februari 2023 kemarin, wajah idgitaf pun terlihat di salah satu layar besar Spotify Equal di New York Times Square. Palembang pun jadi kota tempat dirinya tampil membuka Tur Manusia Tulus (3/2/2023).


3. Nadhif Basalamah

Aksi Nadhif Basalamah di Atas Panggung
Aksi Nadhif Basalamah di Atas Panggung. (Instagram: @nadhifbasalamah)

Nadhif Basalamah adalah penyanyi dan penulis lagu yang lahir di Jakarta. Pada bulan Juli 2022 lau, ia merilis sebuah playlist extended (EP) perdana miliknya dengan judul Wonder In Time.

Dalam EP tersebut, Nadhif menceritakan kisah romantis yang pernah ia miliki ke dalam  5 lagu yang hampir seluruh lirik dan musiknya dirancang oleh ia sendiri. Ia membuka tur Tulus di kota yang ketiga, yaitu Makassar (8/2/2023).


4. Dere

Momen Saat Dere Tampil di Tulus Tur Manusia 2023
Momen Saat Dere Tampil di Tulus Tur Manusia 2023. (Instagram @__dere)

Dere adalah nama panggung milik musisi cantik Theresia Margaretha Gultom yang lahir pada tahun 2022. Album perdananya diberi judul Rubik yang berisi lagu orisinal hasil olah karya dan musikalitas sesuai ciri khasnya.

Kariernya sendiri dinaungi oleh label rekaman dan talent management Tiga Dua Satu. Tulus mempercayai Dere untuk menghibur penonton tur musiknya di tiga kota, yaitu Batam, Samarinda, dan Jakarta.


5. Aldrian Risjad

Aldrian Risjad Tampil Keren Saat Tampil Sambil Bermain Gitar
Aldrian Risjad Tampil Keren Saat Tampil Sambil Bermain Gitar. (Instagram: @aldrianrisjad)

Sekitar tiga tahun sudah, Aldrian Risjad mengawali kariernya sebagai musisi Tanah Air dengan merilis mini-album perdananya pada tahun 2022 lalu. Album itu berjudul Interrobang dengan yang berisikan enam lagu di dalamnya.

Musisi yang termasuk ke dalam label musik Sun Eater ini berhasil menjadi pemenang dari kategori Artis Solo Pria Instrumental Rock Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 2022. Ia sukses membuka Tur Manusia 2023 Tulus di kota Surabaya (12/2/2023).


6. Arash Buana

Arash Buana Menghibur Penonton Tulus Tur Manusia 2023
Arash Buana Menghibur Penonton Tulus Tur Manusia 2023. (Instagram: @arash_buana)

Arash Buana adalah salah satu penyanyi yang memulai pengalaman bermusiknya sejak kecil, yaitu ketika ia berusia 8 tahun. Sejak menginjak 13 tahun pun, Arash Buana sudah mulai menulis berbagai lagu. 

Hingga akhirnya ia debut dengan launching album Logic Mess pada tahun 2022. Pulau Dewata pun menjadi kota tempatnya bernyanyi membuka tur Tulus (14/2/2023).


7. Bernadya Ribka

Bernadya Ribka Penyanyi Muda Bebakat yang Tampil Membuka Tur Manusia 2023 di Manado
Bernadya Ribka Penyanyi Muda Bebakat yang Tampil Membuka Tur Manusia 2023 di Manado. (Instagram: @bernadyaribka)

Akrab disapa dengan panggilan Nadya, gadis bersuara merdu ini mengeluarkan debut single yang berjudul "Apa Mungkin" pada bulan September 2022 lalu. Tak butuh waktu yang lama, lagu tersebut dengan mudah mendapatkan ratusan pendengar di aplikasi Spotify.

Nadya pernah bercerita bahwa orang tuanya berharap agar ia memiliki profesi sebagai dokter gigi, namun ia tetap mengejar impiannya sebagai musisi Indonesia. Tulus pun melihat potensi yang dimiliki oleh Nadya hingga mengajaknya untuk tampil di kota Manado (21/2/2023). 


8. Raissa Anggiani

Raissa Anggiani
Raissa Anggiani (Nizar Zulmi/Fimela.com)

Raissa Anggiani awalnya dikenal oleh warganet dari cover-cover lagu yang ia unggah di akun Instagram dan Youtube pribadinya. Ia pun berbakat bermain gitar yang ia pelajari secara otodidak. 

Lagu berjudul “Kau Rumahku" dan "Lagi Lagi" adalah beberapa karya miliknya yang digemari oleh banyak masyarakat. Raissa membantu Tulus untuk tampil membuka turnya di kota kesembilan, yaitu Bandung (23/2/2023).


9. Rahmania Astrini

Rahmania Astrini. (ist)
Rahmania Astrini. (ist)

Rahmania Astrini adalah musisi yang berhasil memenangkan Anugerah Musik Indonesia dalam kategori Artis Soul/R&B Solo Wanita Terbaik pada tahun 2021. Ia pun beberapa kali melakukan kolaborasi dengan musisi lintas negara. 

Salah satu karyanya yang berjudul "Shush" merupakan hasil kolaborasi bersama penulis lagu dan produser pemenang Grammy Award. Kota gudeg, Yogyakarta, adalah tempat ia membuka tur Tulus dengan penampilan yang apik.

Luar biasa, ya, betapa kerennya Tulus mengajak musisi muda Indonesia untuk menyapa para penggemarnya dengan membuka Tur Manusia 2023 yang akan berakhir malam ini di JIEXPO Kemayoran (3/3/2023).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya