Drakor Moving Gila-gilaan soal Visual Effect, Punya 7.540 Shots dengan Efek Khusus Setara 4 Film Blockbuster

Tim drakor Moving bahkan harus menggandeng puluhan studio VFX di sembilan negara karena besarnya angka visual efek di drama Korea ini.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 16 Agu 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2023, 17:30 WIB
Moving. (Disney Plus Hotstar via Soompi)
Moving. (Disney Plus Hotstar via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea Moving bisa dibilang merupakan proyek yang sangat ambisius. Setidaknya, hal ini bisa dilihat dari skala penggunaan visual effect dalam drakor Disney Plus Hotstar tersebut.

Dalam press kit Moving yang diterima Liputan6.com, Rabu (16/8/2023) tim visual effect alias VFX menyebut jumlah shot yang menggunakan efek khusus di drakor ini jumlahnya mencapai angka 7.540.

Ini adalah angka yang jauh melampui produksi sinema lain.

“Jumlah rata-rata shot (dengan VFX) dalam film blockbuster sekitar 1.900 hingga 2.000, tapi karena kami mengerjakan sekitar 7 ribu, artinya serial ini setara dengan kurang lebih empat film blockbuster yang disatukan,” kata tim VFX dalam pernyataannya.

Karena jumlah shots yang fantastis, tim VFX drama Korea ini bahkan perlu mengadopsi cara kerja yang lain dari biasanya, yakni menggunaan previs. Ini adalah pengerjaan visualisasi adegan saat tahap praproduksi.

“Ini adalah metode yang biasa digunakan untuk membuat film, tapi jarang diterapkan dalam pembuatan serial. Banyak adegan yang Anda tonton sebenarnya divisualisasikan dalam tahap praproduksi.”


Drakor Moving Melibatkan Studio VFX di 9 Negara

Moving — August 9
Terakhir adalah Moving. Diadaptasi dari webtoon Kang Pool, Moving mengikuti perjuangan tiga siswa sekolah menengah dengan kemampuan supernatural — dan orang tua mereka yang melindungi mereka agar tidak digunakan untuk kejahatan. Serial yang dibintangi Jo In Sung hingga Han Hyo Joo tayang pada 9 Agustus. (Foto: Disney+ Hotstar via Koreaboo)

Saking besarnya skala penggunaan visual effect dalam serial ini, tim drakor Moving sampai tak bisa mengandalkan studio VFX di Korea saja.

“Beban kerja dalam skala ini tak bisa ditanggung oleh beberapa ratus orang, butuhnya beberapa ribu orang. Kami enggak punya waktu dalam pascaproduksi untuk memenuhi kebutuhan ini, jadi hampir ada 60 studio VFX di sembilan negara yang bekerja untuk mewujudkan serial ini secara tepat waktu.”


Tantangan untuk Tim Stunts Drakor Moving

Jo In Sung dalam Moving. (Disney Plus Hotstar)
Jo In Sung dalam Moving. (Disney Plus Hotstar)

Tak cuma tim VFX yang mendapat tantangan yang “agak laen” saat mengerjakan drakor ini, tapi juga tim stunts. Ada satu adegan terbang, di mana tim produksi menghubungkan 2 crane dengan kawat sepanjang 100 meter.

“Aku enggak tahu apakah ini pernah dicoba di Korea, tapi yang jelas sepanjang karierku aku belum pernah melihatnya dilakukan di sini,” kata perwakilan tim stunts dalam pernyataan resmi ini.

Sutradara Park Inje, berkeras menggunakan orang asli dalam adegan ini, bukan karakter digital. “Pada akhirnya ia menyarankanku untuk melakukannya. Ini adalah sequence yang akan kukenang hingga akhir hayatku."


Sinopsis dan Jadwal Tayang Drakor Moving

Moving berkisah tentang Kim Bong Seok (Lee Jeong Ha), Jang Hui Soo (Go Yoon Jung), dan Lee Gang Hoon (Kim Do Hoon) yang bersekolah di SMA yang sama. Mereka memang terlihat sebagai siswa SMA biasa, tetapi diam-diam mereka mempunyai kemampuan super yang diturunkan dari orangtua mereka.

Para ABG super dan orangtuanya ini selama ini hidup dengan menyembunyikan rahasia mereka, sampai akhirnya muncul ancaman yang membahayakan nyawa mereka.

Episode baru Moving tayang di Disney Plus Hotstar tiap hari Rabu.

INFOGRAFIS JOURNAL_Bagaimana Antisipasi dari Kejahatan Social Engineering?
INFOGRAFIS JOURNAL_Bagaimana Antisipasi dari Kejahatan Social Engineering? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya