Yngwie Malmsteen dan Marty Friedman Siap Guncang Hari Pertama Hammersonic 2024

Marty Friedman dijadwalkan tampil mulai pukul 19.30 WIB di Panggung Sonic. Sedangkan Yngwie bakal beraksi di Panggung Hammer pukul 20.00 WIB.

oleh Edu Krisnadefa diperbarui 03 Mei 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 07:30 WIB
Hammersonic 2024
Perwakilan Hammersonic Festival Dede Rianta (tengah) saat jumpa pers Hammersonic Festival 2024 di Kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (2/5). (Liputan6.com/Herman Zakaria)

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dalam pagelaran Hammersonic Festival tahun ini. Duo guitar virtuoso: Yngwie Malmsteen dan Marty Friedman menjadi salah dua headliner yang akan tampil di hari pertama, Sabtu (4/5) di Pantai Carnival, Ancol, Jakarta.

Seperti dirilis di akun media sosial resmi Hammersonic Festival, Marty Friedman dijadwalkan tampil mulai pukul 19.30 WIB di Panggung Sonic. Sedangkan Yngwie bakal beraksi di Panggung Hammer pukul 20.00 WIB.

"Yngwie Malmsteen dan Marty Friedman dikenal sebagai gitaris rock dan metal. Penggemarnya banyak di sini. Jadi, kenapa enggak kita bawa aja sekalian," ujar Dede Rianta, perwakilan dari Hammersonic Festival, saat jumpa pers di Kawasan Kemang, Kamis (2/5).

Dia menambahkan, "Jadi teman-teman yang main gitar, ingin lihat langsung Yngwie dan Marty Friedman datang aja langsung ke Hammersonic." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Familiar

Hammersonic 2024
Suasana jumpa pers Hammersonic Festival 2024 di Kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (2/5). (Liputan6.com/Herman Zakaria)

Nama Yngwie dan Friedman memang sudah sangat familiar bagi para pecinta musik cadas Indonesia. Bahkan, sudah sejak tahun 1990-an keduanya menjadi idola di Tanah Air.

Hit-hits Yngwie sejak era 1990-an, seperti "Save our Love", "Rising Force", ataupun "Prisoner of Your Love", begitu melekat di telinga penggemar musik rock Tanah Air. Begitu juga nomor-nomor instumentalnya seperti "Arpeggios From Hell", "Far Beyong The Sun" ataupun "Black Star" menjadi bahan pelajaran bagi gitaris-gitaris Indonesia.

Yngwie sendiri pertama kali tampil di Indonesia pada tahun 1990 saat tur album Eclipse. Kemudian dia Kembali hadir pada tahun 1996 dalam sebuah acara gitar klinik.

Terakhir, Yngwie hadir di Indonesia pada 2017 dalam gelaran acara bertajuk Generation Axe: A Night Of Guitars Asia Tour 2017. Ketika itu dia datang bersama gitaris-gitaris hebat lainnya, seperti Steve Vai, Nuno Bettencourt, Zakk Wylde, dan Tosin Abasi.


Friedman Menjulang bersama Megadeth

Hammersonic 2024
Perwakilan Hammersonic Festival dan beberapa perwakilan band Indonesia yang akan tampil di Hammersonic Festival berfoto Bersama usai Jumpa Pers di Kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (2/5). (Liputan6.com/Herman Zakaria)  

Sementara Friedman memincut hati penggemar musik cadas di Indonesia saat bergabung dengan Megadeth di era 1900 hingga 2000-an. Bersama Dave Mustaine dan kawan-kawan, Friedman sempat melahirkan lima album.

Salah satunya adalah Rust in Peace di tahun 1990 yang seperti menjadi album wajib penggemar metal.

Namun, jauh sebelum bersama Megadeth, nama Friedman telah diakui sebagai gitaris jempolan saat membentuk duo Cacophony bersama gitaris Jason Becker. Duo ini sempat melahirkan dua album: Speed Metal Symphony dan Go Off di tahun 1987 dan 1988.

Bagi Friedman sendiri ini kedua kalinya dia tampil di Jakarta. Sebelumnya, pada 2019, gitaris berambut kriwil-kriwil ini pernah datang ke Jakarta di gelaran gitar klinik bertajuk Marty Friedman Intimate Guitar Masterclass.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya