Bangkit dari Mati Suri, Pionir Progresif Indonesia, Discus, Rilis Box Set Berisi 3 CD

Discus merilis box set berisi tiga CD yang diedarkan Disk Union, Jepang.

oleh Tim Showbiz diperbarui 31 Mei 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 08:30 WIB
Discus
Discus saat tampil di Festival Zappanale, Bad Doberan, Jerman, tahun 2009. (Istimewa/dok. Discus)

Liputan6.com, Jakarta - Band pionir musik progresif Indonesia, Discus, bangkit dari mati suri. Band yang didirikan sejak tahun 1996 ini baru saja merilis box set yang berisi tiga CD album mereka, yang diedarkan Disk Union, Jepang.

Tiga album dalam box set ini terdiri dari Album 1st remastered dengan bonus track “Contrasts” live at World Music Festival GKJ 2005 feat I G Kompiang Raka, album “...Tot licht!” dengan bonus track “System Manipulation” live at Zappanale Festival Jerman 2009 feat Andien dan I G kompiang Raka, dan Album “Live in Switzerland, the official bootleg” berisi rekaman konser Discus di ProgSol Festival Switzerland 2005.

Hebatnya lagi box set ini langsung duduk di no. 4 best seller di Disk Union Japan's All Genre international chart, sebuah prestasi yang cukup mengagumkan untuk musisi Indonesia.

Dari dulu, Discus memang sudah begitu dikenal di luar negeri. Musik mereka dianggap unik dan punya ciri khas karena memadukan elemen rock, jazz, klasik, avant-garde, dan etnik Indonesia.

Discus juga sering tampil di ajang-ajang besar luar negeri. Di Amerika Serikat, misalnya, mereka pernah beraksi di panggung Expose Concert Series (California), Knitting Factory (New York), dan ProgDay (North Carolina) pada tahun 2000.

Sementara di Eropa, Discus pernah menggelar konser di Progsol, Pratteln (Swiss), FreakShow, Wurzburg (Jerman) tahun 2005 dan Festival Zappanale, juga di Jerman pada tahun 2009.

Discus juga pernah merambah Amerika Tengah-Utara, saat tampil di BajaProg di Baja, Meksiko tahun 2001.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dua Penghargaan AMI Awards

Discus
Discus saat melawat ke Amerika Serikat, tahun 2000. (Istimewa/dok. Discus)

Di Indonesia sendiri, Discus pernah menyabet dua penghargaan bergengsi di ajang AMI Award 2004 untuk kategori Karya Musik Progresif (Lagu "Anne") dan Produksi Karya Musik Rock Progresif Terbaik, untuk album “...Tot Licht!”.

Discus pertama kali merilis studio album pada tahun 1999 dengan judul 1st yang oleh label Italia Mellow Records pada tahun 1999 dan di Indonesia diedarkan oleh Chico & Ira Productions. Disusul album kedua ...Tot Licht! pada tahun 2004.

Dua album ini mendapat tanggapan dan respons yang sangat baik di masyarakat progresif dunia. Beberapa majalah music Eropa pun beberapa menulis review tentang album-album dengan penuh sanjungan.

Di Indonesia pengamat musik mendiang Denny Sakrie, Ketika itu mencatat album Discus 1st sebagai salah satu album jazz terpenting Indonesia sepanjang sejarah di majalah Rolling Stone. Tahun 2004 Majalah musik MTV Trax edisi lokal menyebut Discus sebagai salah 25 musisi paling berpengaruh di Indonesia bersama tokoh-tokoh lainnya seperti Titiek Puspa dan Koes Plus.

Box set ini jugalah yang menjadi momentum Discus kembali bermusik setelah ditinggalkan oleh 3 personilnya yang telah berpulang terlebih dahulu yaitu Anto Praboe, Kiki Caloh dan terakhir Eko Partitur.

Melihat sambutan publik terhadap box set Discus, Iwan Hasan sang leader dari Discus mencanangkan untuk membuat single baru sebagai lanjutan dari box set yang beredar. Ada juga rencana untuk membuat album baru yang sebagian besar musiknya sudah diciptakan Iwan sejak 2007.

Personel Discus:

Iwan Hasan: Lead Vocals, Guitar, 21-string HarpGuitar, Keyboards

Fadhil Indra: Lead Vocals, Keyboards, Electronic Percussion, Rindik, Ethnic Percussion

Alm. Anto Praboe: Clarinet, Flute, Saxophones, Pui-pui, Suling, Growls, Vocals

Alm. Kiki Caloh: Bass, Lead Vocals

Alm. Eko Partitur: Violin, Vocals

Krisna Prameswara : Keyboards

Hayunaji: Drums

Nonie Cindy: Lead Vocals (1996-2004, 2023)

Yuyun: Lead Vocals, Ethnic Vocals, Percussion (2004-sekarang)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya