Detail Dakwaan Taeil Eks Member NCT, Terancam 7 Tahun Penjara atas Tuduhan Kekerasan Seksual Saat Korban Mabuk

Detail mengenai kasus kekerasan Moon Taeil eks NCT makin terang.

oleh Naia Trianisa Pangestu diperbarui 08 Okt 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 13:30 WIB
Taeil NCT. (SM Entertainment via Soompi)
Taeil NCT. (SM Entertainment via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Mantan anggota NCT, Moon Taeil, tengah menghadapi kasus kekerasan seksual yang bikin heboh penggemar sejak beberapa waktu lalu.

Proses pemeriksaan oleh pihak kepolisian dilakukan pada 28 Agustus 2024, dan kasus ini kemudian dilimpahkan ke kejaksaan pada 12 September 2024 untuk ditindaklanjuti lebih lanjut. Menurut sejumlah laporan media Korea Selatan, Taeil yang pernah menjadi anggota grup NCT 127, dilaporkan terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap seorang perempuan. 

Insiden tersebut terjadi saat korban diduga berada di bawah pengaruh alkohol. Kasus ini tidak hanya mengejutkan para penggemar, tetapi juga memperbesar perhatian publik terhadap tindakan idol K-pop yang diduga terlibat dalam skandal besar. 


Tidak Sendiri

Taeil NCT. (SM Entertainment via Soompi)
Taeil NCT. (SM Entertainment via Soompi)

Menurut laporan dari Soompi, hasil pemeriksaan mengungkapkan bahwa Taeil tidak melakukan tindakannya sendirian. Ia melakukan kekerasan seksual tersebut bersama dua orang temannya. Berdasarkan pernyataan yang disampaikan, kedua rekannya tersebut dipastikan bukan berasal dari kalangan selebritas.

Dalam pernyataan lanjutan, dijelaskan bahwa Taeil dan kedua temannya diduga melakukan kekerasan seksual atau pemerkosaan terhadap seorang wanita yang dalam keadaan mabuk. Tuduhan ini menguatkan bahwa tindakan mereka merupakan bentuk pelecehan yang serius dan melibatkan korban yang tidak berdaya karena pengaruh alkohol.

 


Minimal 7 Tahun

Taeil NCT. (Instagram/ mo.on_air)
Taeil NCT. (Instagram/ mo.on_air)

Moon Taeil disebut melanggar pasal 4 ayat 1 Undang-Undang tentang Kasus Khusus Mengenai Hukuman Tindak Pidana Seksual yang merujuk pada tindakan pemaksaan seksual dengan pelaku yang menggunakan senjata atau jika melibatkan dua orang atau lebih serta korban dalam kondisi tidak sadarkan diri dan tak bisa melakukan pembelaan. 

Diwartakan melalui Koreaboo, Taeil terancam dijatuhi hukuman penjara minimal 7 tahun, jika ia terbukti bersalah. Namun belum ada kelanjutan dakwaan karena masih dalam tahap pemeriksaan polisi. 

 

 


Respons SM Entertainment

SM Entertainment, agensi yang sebelumnya menaungi NCT memberikan tanggapan terkait berita terbaru mengenai artis tersebut. 

“Kasus ini sedang dalam investigasi dan sulit untuk memberikan pernyataan untuk sekarang,” ungkap perwakilan SM Entertainment.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya