Ingatan Terganggu, Jack Nicholson Pensiun dari Dunia Akting

Aktor kawakan Jack Nicholson memutuskan untuk pensiun dari dunia akting. Masalah memori diduga menjadi alasan Nicholson untuk pensiun.

oleh Ferry Noviandi diperbarui 04 Sep 2013, 23:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2013, 23:00 WIB
jack-nicholson-130904c.jpg
Aktor kawakan Jack Nicholson yang berusia 76 tahun memutuskan untuk pensiun dari dunia akting. Masalah ingatan memori yang dialaminya diduga menjadi penyebab ia mundur dari gemerlap dunia akting.

"Jack pensiun. Ada alasan sederhana di balik keputusannya, dia sudah kehilangan memori. Sejujurnya di usia 76, menyebabkan Jack bermasalah dengan memorinya dan tidak bisa lagi mengingat hal yang diminta darinya," kata seorang sumber yang merupakan orang dekat Jack, seperti dikutip Radaronline.

Jack yang bermain mengagumkan dalam Terms of Endearment dan telah tiga kali meraih penghargaan Academy Awards itu terakhir kali bermain dalam film How Do You Know bersama Reese Whiterspoon, Paul Rudd dan Owen Wilson pada 2010 lalu.

Baru-baru ini, Jack juga ditawari untuk film Nebraska. Namun peran tersebut akhirnya jatuh ke tangan Bruce Dern karena Jack mengatakan ia tak tertarik untuk bergabung dalam film tersebut.

Jack Nicholson memulai karirnya di Hollywood pada tahun 1950-an. Namun karir itu bukan sebagai bintang film, ia hanya jadi pesuruh untuk legenda film animasi, William Hanna dan Joseph Barbera di studio animasi MGM. Ia kemudian meninggalkan pekerjaan itu untuk mengejar impiannya menjadi bintang film.

Jack kemudian memulai debutnya dalam film drama berbiaya rendah denngan judul The Cry Baby Killer pada tahun 1958. Mulai dari situ, perlahan kemampuan aktin Nicholson terus diperhitungkan. Ia pun bermain apik dalam berbagai judul film hingga akhirnya ia diganjar tiga memenangi piala paling bergengsi, Academy Awards.

Jack mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik untuk One Flew Over the Cuckoo's Nest dan As Good as It Gets. Ia juga memenangkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk film Terms of Endearment pada tahun 1983.

Sepanjang 55 tahun berkarir, pria kelahiran 22 April 1937 itu telah mendapatkan 12 nominasi Piala Oscar, delapan untuk Aktor Terbaik dan empat untuk Aktor Pendukung Terbaik. Membuatnya tercatat dalam sejarah sebagai aktor yang paling banyak mendapatkan nominasi Academy Awards.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya