Pemkot Malang Bakal Vaksinasi 90 Ribu Lansia dengan Sistem Drive Thru

Rencananya vaksinasi untuk lansia akan digelar pada 1 April bertepatan dengan ulang tahun Kota Malang

oleh Zainul Arifin diperbarui 11 Mar 2021, 06:03 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2021, 06:03 WIB
Kendala Kota Malang Sulit Penuhi Capaian Target Vaksinasi
Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Dinoyo, Kota Malang, yang menyasar petugas pelayanan publik (Humas Pemkot Malang)

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang bakal memberikan vaksinasi sekitar 90 ribu warga lanjut usia (lansia). Teknis vaksinasi lansia rencananya dengan sistem drive thru, digelar bertahap dan dimulai pada 1 April bertepatan dengan hari jadi kota tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji, mengatakan kuota vaksinasi lansia sebanyak 90 ribu vaksin itu masih belum cukup. Karena itu pemkot hendak mengajukan kuota tambahan agar bisa menjangkau seluruh lansia dengan kategori berusia 60 tahun ke atas di kota ini.

Berdasarkan data Statistik Kota Malang Dalam Angka dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, jumlah lansia pada 2020 ada sebanyak 105.042 jiwa. Karena itu, kuota yang diberikan belum bisa memenuhi seluruhnya.

“Kuota yang kami dapat itu belum menjangkau semua, kami akan meminta kuota tambahan,” kata Sutiaji di Malang, Rabu, 10 Maret 2021.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kota Malang telah menggandeng layanan aplikasi bidang kesehatan. Tujuannya, membantu vaksinasi lansia yang akan dilakukan dengan sistem drive thru. Sehingga layanan dapat lebih mudah dan diharapkan berjalan maksimal.

“Lansia masuk tahap kedua yang diprioritaskan sesuai instruksi pemerintah pusat,” ujar Sutiaji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Teknis Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19 Secara Drive-Thru
Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 untuk warga lanjut usia saat vaksinasi secara drive-thru di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/3/2021). Pelaksanaan vaksinasi drive thru bertujuan meningkatkan partisipasi Lansia untuk divaksin covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, mengatakan pelayanan vaksinasi lansia dengan sistem drive thru sudah disiapkan. Titik lokasi pelayanan vaksinasi dipilih di tempat terbuka di Jalan Sultan Agung, tak jauh dari Balai Kota Malang.

“Titik layanan vaksinasi kami siapkan satu dulu, tentu harus ada anggota keluarga yang mengantar,” kata Husnul Muarif.

Pengantar dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat agar dapat bergerak cepat. Menghindari potensi kerumunan warga demi mendapat layanan itu. Sosialisasi vaksinasi harus digenjot agar semua mau divaksin.

“Pelaksanaannya kami harap bisa digelar bertepatan dengan ulang tahun Kota Malang,” tutur Husnul.

Maka, vaksinasi lansia secara simbolik bila rencana itu berjalan lancar digelar pada 1 April 2021, tepat saat Kota Malang berusia 107 tahun. Saat itu diharapkan vaksinasi yang sekarang sedang digelar juga sudah selesai sepenuhnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya