Gus Ipin Andalkan Program Gertak untuk Turunkan Kemiskinan di Trenggalek

Arifin berharap, program gertak dapat menekan angka kemiskinan di Trenggalek meskipun bukan program baru. Program Gertak ini fotus dengan gerakan yang disebut 3 sedekah.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Des 2022, 09:39 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 09:30 WIB
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. (Foto: Dokumentasi PDIP).

 

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin atau Gus Ipin menyatakan, Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan atau Gertak menjadi andalan untuk menurunkan angka kemiskinan di Trenggalek. 

Arifin berharap, program gertak dapat menekan angka kemiskinan di Trenggalek meskipun bukan program baru. Program Gertak ini fotus dengan gerakan yang disebut 3 sedekah.

Pertama, Sedekah informasi. Jadi jika melihat seseorang yang membutuhkan bantuan bisa langsung dilaporkan ke posko-posko Gertak, untuk ditindaklanjuti.

"Jadi tolong kalau ada warga yang miskin yang belum menerima bantuan itu bisa datang ke pos pelayanan kita," katanya saat Arifin saat berkunjung ke SCTV Tower, Senayan, Senin (12/12).

Kedua, sedekah partisipasi. Dia mengajak semua pihak untuk terjun langsung menuntaskan masalah kemiskinan. Salah satunya dengan membentuk pasukan pink, relawan yang bekerja secara sukarela. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak lainnya seperti Ansor dan Muhammadiyah.

"Semuanya saling membantu kalau ada rumahnya yang jelek kita rehab bareng2 kalau belum ada sanitasi yang bagus kita kerjakan bareng-bareng," ungkapnya.

Ketiga, sedekah rezeki. Arifin menjelaskan jika memiliki rezeki lebih, silahkan bantu saudara-saudaranya yang membutuhkan. Bisa dengan memberikan modal usaha sampai jaminan hidup.

"Karena enggak semua orang miskin masih produktif ada yang memang butuhnya bisa mendapatkan jaminan hidup yang layak mulai dari gizi, kesehatan termasuk yang belum terdata BPJS, BPJSnya kita bayarin dulu. Sampai kemudian kita usulkan ke data terpadu yang ada di pusat, sehingga mereka bisa mendapatkan kartu KIS," lanjutnya.

Bagi yang ingin melapor bisa mengakses Gertak ini melalui website, bisa langsung datang ke lokasi atau lewat hotline. Bisa juga dengan mengirim pesan ke Instagram @poskogertak. Nantinya semua pengaduan akan di cek untuk memastikan apakah layak untuk dibantu atau tidak.

Arifin mengakui tingkat kemiskinan di Trenggalek cukup tinggi, pernah mencapai 14-15 persen. Bahkan di saat Covid-19 melanda, tingkat kemiskinan di Trenggalek meningkat. Namun dengan adanya program penuntasan kemiskinan, salah satunya Gertak, laju angka kemiskinan bisa ditekan.

"Waktu covid kedua digit dan sekarang turun dua digit lagi jadi cukup baik meskipun garis kemiskinan naik karena ada inflasi, harga kenaikan komoditas jadi sebenarnya garis kemiskinannya semakin naik, tapi jumlah penduduk miskinnya semakin turun. Ini artinya kesejahteraan masyarakat juga mulai meningkat," jelasnya.

Arifin mengatakan di Trenggalek tingkat kemiskinan ekstrem hanya disekitaran 1,8 persen dari 10 persen. Itu artinya masyarakat Trenggalek, banyak masyarakat yang hidup di sekitar garis kemiskinan.

"Tapi yang benar-benar miskin banget hanya 1,8 persen yang orangnya mungkin hanya sekitar 11ribuan jiwa dan itu yang akan di intervensi secara keroyokan. kalau mereka masih produktif nanti apa yang akan dikerjakan baik dari pertanian kemudian dari pesisir perikanan nanti kita kerjakan bareng-bareng," ujarnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Pariwisata

Nur Arifin
Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin menjelaskan upaya Kabupaten Trenggalek berhasil meraih empat penghargaan pada Lomba Inovasi Daerah sebagai daerah aman COVID-19 dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, BNPB, Jakarta, Selasa (14/7/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Selain dengan program Gertak untuk mengurangi masalah kemiskinan, yang menjadi fokus Arifin lainnya yakni, menggerakan perekonomian melalui pariwisata desa wisata. Bahkan di tahun 2024 dia mentargetkan membangun 100 desa wisata di Trenggalek. Karena saat banyak turis yang lebih memilih liburan ke desa untuk mendapatkan ketenangan jiwa.

"Pariwisata kenapa kita dorong, karena pariwisata itu yang paling banyak kasih multiplier effect. Satu desa wisata yang berhasil biasanya minimum mengcreate 108 kerja, 100 lapangan kerja baru di desa itu minimal baik dari sisi kuliner, handicraft, bahkan sektor hulu yang awalnya dulu itu mereka menanam untuk tidak dijual tapi karena ada wisata disitu hasilnya bisa jadi penghasilan," ujarnya.

Saat ini terdapat 10 desa wisata yang benar-benar siap dari 30 desa wisata yang ada. "Kalau yang 30 itu jualan tapi masih straggling tapi yang benar-benar konsisten ada backpacker dari mancanegara, hampir setiap minggu ada yang outbound, hampir setiap hari ada yang datang mungkin itu ada 10," katanya.

 

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya