Ini Smartphone Kesayangan Para Pemimpin Dunia

Ingin tahu smartphone kesayangan para pemimpin dunia? Berikut beberapa pemimpin negara dengan pilihan smartphone-nya.

oleh Iskandar diperbarui 22 Mar 2014, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2014, 12:00 WIB
Ini Smartphone Kesayangan Para Pemimpin Dunia
www.telegraph.co.uk

Liputan6.com, Untuk menjalankan tugas kenegaraan dan kegiatan politik, tentunya para pemimpin dunia memiliki smartphone. Dengan sederet teknologi canggih yang tersemat di dalamnya, smartphone pasti sangat memudahkan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terutama untuk urusan memimpin negara.

Namun menariknya, meskipun mereka dikenal sebagai salah satu petinggi negara yang berpenghasilan tinggi, tak semua dari mereka yang suka menggonta-ganti smartphone ketika ada produk terbaru meluncur di pasaran.

Sebagai contoh, Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang setia dengan BlackBerry Bold 9900, namun belakangan Obama menggantinya dengan BlackBerry Z10. Selain Obama, Perdana Menteri Inggris David Cameron juga dikenal cinta berat dengan BlackBerry. Bahkan, saat menyelenggarakan tanya jawab dengan jurnalis di Dubai  pada 2012 lalu, saat ponselnya berbunyi ditunjukkan kepada wartawan. 



Tak hanya Obama dan Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel pada Oktober 2013 juga terlihat menggunakan BlackBerry Z10, yang telah dilengkapi dengan enkripsi keamanan untuk mencegah penyadapan. Merkel sempat menggunakan Nokia 6210 Slide sejak Oktober 2009, sebelum beralih ke BlackBerry Z10 pada bulan Juli 2013.

Hillary Clinton juga dikenal sebagai penggemar berat BlackBerry. Sebuah gambar dirinya sedang mengetik sambil mengenakan kacamata hitam besar dan ekspresi wajah mengerutkan, menjadi sensasi di situs jejaring Tumblr.



Mengutip laman Telegraph, Sabtu (22/3/2014), mengingat banyaknya pemimpin negara yang menggunakan perangkat Blackberry - terkait isu keamanan, seperti hacking, spionase, dan pencurian data,  jaringan BlackBerry dianggap paling aman dari smartphone lainnya.

Di sisi Lain, Presiden Perancis Francois Hollande sangat suka dengan iPhone 5, yang digunakannya untuk tugas kepresidenan. Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin, pada tahun 2010 mengaku tidak memiliki ponsel. Namun laman TechWeb menulis, sejak tahun 2012 Putin menggunakan ponsel Android. Selain itu ia termasuk pemimpin dunia yang cinta akan produk dalam negeri, MTS-Glonass 945.



Menyeberang ke benua Asia, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un terlihat memakai ponsel berbasis Android HTC Butterfly saat melakukan pertemuan pertahanan di tahun 2013. Hal ini tentunya bertentangan dengan kebijakan negara, di mana negara komunis ini memiliki ponsel buatan dalam negeri, Arirang.

Kemudian Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra diyakini memiliki lima unit smartphone, salah satu yang terbaru adalah iPhone 5. Maklum saja, karena sebelumnya ia menjabat sebagai CEO operator seluler terbesar di Thailand, Advanced Info Service (AIS).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya