Apple Berjaya di Tiongkok

Jika Samsung mengalami penurunan penjualan, rival terberatnya Apple justru mengalami peningkatan penjualan.

oleh Corry Anestia diperbarui 21 Agu 2015, 19:16 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2015, 19:16 WIB
Penjualan Ponsel Apple Berjaya di Tiongkok
Jika Samsung mengalami penurunan penjualan, rival terberatnya, Apple justru mengalami peningkatan penjualan.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan smartphone di dunia makin intens sejak vendor-vendor Tiongkok turut ambil bagian dalam merebut kue pasar.

Lembaga riset Gartner Inc, bahkan menyebutkan bahwa penjualan smartphone global tengah memasuki fase pertumbuhan lambat sejak 2013.

Namun, sepertinya tidak bagi Apple. Menurut riset Gartner, seperti dilansir Reuters, Jumat (21/8/2015), penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus justru mencatatkan rekor terbaik penjualan Apple Inc, setelah kedua ponsel itu resmi melenggang di pasaran sekitar 11 bulan lalu.

"Total penjualan iPhone di Tiongkok tercatat 11,9 juta unit, melonjak 68 persen. Dengan demikian, pangsa pasar Apple di dunia meningkat menjadi 14,6 persen, dari pencapaian tahun lalu yang sekitar 12,2 persen," ujar Anshul Gupta, Direktur Riset Gartner.

Sementara, rival terberatnya, Samsung sedang terpuruk tahun ini. Meski model smartphone terbaru telah dirilis April 2015, yakni Samsung S6, sepertinya belum membantu mendongkrak pangsa pasar vendor asal Korea Selatan itu di dunia.

Pangsa pasar Samsung tercatat turun menjadi 21,9 persen, dari sebelumnya sekitar 26,2 persen.

Di Tiongkok sendiri, untuk pertama kalinya dari tahun-tahun sebelumnya, penjualan smartphone anjlok 4 persen. Padahal Tiongkok merupakan pasar terbesar perangkat mobile di dunia. Setidaknya Tiongkok menyumbang 30 persen penjualan smartphone global.

"Pasar ponsel Tiongkok telah mencapai titik jenuh, sebab penjualannya kebanyakan didorong segmen pengguna existing yang ingin mengganti ponsel, ketimbang dari first-time users," ungkap Gupta.

(cas/isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya