Berkat Nvidia Max-Q, Laptop Gaming Bakal Setipis Ultrabook

Pada ajang Computex 2017, Nvidia mengungkap teknologi baru yang bakal membuat laptop gaming yang ada saat ini tampil setipis ultrabook.

oleh Yuslianson diperbarui 31 Mei 2017, 04:30 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2017, 04:30 WIB
Nvidia Max-Q
Laptop Gaming Bakal Setipis Ultrabook Berkat Nvidia Max-Q. (Doc: Nvidia)

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan pembuat chip grafis Nvidia memperkenalkan seri GeForce GTX berdesain Max-Q. Dengan desain baru ini, vendor dapat membuat laptop gaming lebih tipis, tidak berisik, dan lebih cepat dari sebelumnya.

Dikonfirmasi langsung oleh CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang di ajang Computex 2017 baru-baru ini, laptop buatan vendor yang sudah menggunakan desain Max-Q ini rencananya akan diperkenalkan mulai 27 Juni 2017.

Lewat siaran resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Rabu (30/5/2017), laptop gaming buatan para original equipment manufacturers (OEM) dan pembuat sistem ini diklaim 3x lebih tipis dan 3x lebih kuat dari seri-seri sebelumnya.

Saat laptop gaming yang menggunakan desain Max-Q ini meluncur, kabarnya seri tertinggi laptop gaming tersebut akan lebih tipis ketimbang laptop gaming tipis saat ini, Razer GTX 1060-powered 4K Blade. Dari segi performa, laptop tersebut akan serupa dengan seri Blade Pro.

Sayang, saat ini masih belum ada benchmark yang mencatat performa Max-Q ini secara detail. Namun, sebuah grafik yang disediakan Nvidia di situs web resminya mengklaim peningkatan performa 1,8x ketimbang GTX1060 saat memainkan gim triple A (AAA) pada format 4K.

Diketahui, beberapa vendor seperti Alienware, Asus, Gigabyte, HP, Lenovo, Maingear, MSI, dan Origin PC sudah mempersiapkan jajaran produk mereka yang menggunakan Max-Q.

(Ysl/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya