Ini Cara Mudah Dapat Informasi Terbaru soal Mudik di Twitter

Ada beberapa langkah sederhana untuk mempermudah pengguna Twitter mendapatkan informasi terbaru tentang arus mudik.

oleh Andina Librianty diperbarui 14 Jun 2018, 13:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2018, 13:00 WIB
Sistem Satu Arah di Cipali Terpanjang Dalam Sejarah Arus Mudik
Polisi memberlakukan sistem satu arah dari Tol Cipali hingga Palikanci dan Brebes. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Jakarta - Mudik adalah salah satu tradisi menjelang akhir Ramadan di Indonesia. Oleh sebab itu, pemberitaan tentang kemacetan beberapa hari menjelang hari raya Idulfitri tidak lagi begitu mengherankan.

Informasi tentang lalu lintas, khususnya arus mudik, selalu menjadi salah satu berita utama menjelang Idulfitri. Seiring perkembangan teknologi, ada banyak media untuk bisa mendapatkan informasi terbaru tentang mudik, termasuk melalui jejaring sosial seperti Twitter.

Salah satu caranya, pengguna Twitter bisa membuat Twitter List untuk akun-akun yang memberikan informasi tentang lalu lintas dan mudik. Berikut langkah sederhananya, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitter, Kamis (14/6/2018):

1. Klik foto profil Anda di Twitter, yang berada di sebelah kanan atas hingga muncul pilihan menu

2. Klik List, lalu Create New List

3. Tentukan atau beri nama untuk Twitter List yang kalian buat dan berikan deksripsi singkat. Daftar ini dapat dibuat privat atau terbuka untuk pengguna lainnya

4. Klik Save List

Kemudian, kalian bisa menambahkan akun-akun penting yang memberikan informasi lalu lintas atau seputar mudik untuk List.

Tips mudik dari Twitter (Foto: Ist)

Tips mudik dari Twitter (Foto: Ist)

Setelahnya, twit dari akun tersebut akan muncul di List kalian.

Tips mudik dari Twitter (Foto: Ist)

Hal ini mempemudah pengguna untuk mendapatkan informasi dari satu tempat, tanpa harus membuka berbagai akun secara bergantian. Beberapa akun yang memberikan informasi lalu lintas dan mudik, antara lain @TMCPoldaMetro, @pantaumudik, @pulkam dan @ptjasamarga.

Selain itu, pengguna Twitter juga bisa mengaktifkan notifikasi di ponsel untuk mendapatkan informasi terkini dari akun-akun tersebut. Caranya, pengguna cukup mengatur Notifikasi yang ingin diterima melalui menu Pengaturan dan Privasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sidang Isbat Penetapan Idulfitri Digelar 14 Juni

Sistem Satu Arah di Cipali Terpanjang Dalam Sejarah Arus Mudik
Polisi memberlakukan sistem satu arah dari Tol Cipali hingga Palikanci dan Brebes. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal. Sidang isbat awal Syawal 1439H ini akan digelar pada Kamis, 14 Juni 2018.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat. Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia berhari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439H.

"Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Kamis 14 Juni 2018M di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Juraidi di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya