Dassault Systemes Luncurkan SOLIDWORKS 2022 dengan Sejumlah Update

Penasaran dengan sejumlah peningkatan yang dilakukan Dassault Systèmes pada SOLIDWORKS 2022, simak artikel berikut ini.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 06 Okt 2021, 19:30 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2021, 19:30 WIB
Dassault Systèmes
Dassault Systèmes baru saja memperkenalkan SOLIDWORKS 2022 yang hadir dengan sejumlah peningkatan. (Foto: Dassault Systèmes)

Liputan6.com, Jakarta - Dassault Systèmes baru saja meluncurkan SOLIDWORKS 2022 sebagai portofolio aplikasi desain dan engineering 3D yang telah digunakan jutaan inovator. SOLIDWORKS 2022 hadir dengan ratusan peningkatan yang bersumber dari masukan para pengguna.

Sejumlah peningkatan itu akan mempercepat inovasi, merampingkan serta mempercepat proses pengembangan produk, mulai dari konsep hingga manufaktur. Terlebih, menurut CEO SOLIDWORKS, Dassault Systèmes, Gian Paolo Bassi, dunia engineering kini sedang berubah dan makin banyak masalah yang harus dipecahkan.

"Situasi yang penuh tantangan saat ini membuat masyarakat kita berubah, timbulnya masalah yang lebih sulit, timbulnya ancaman terhadap infrastruktur kita, masalah sanitasi. Itulah yang menjadi motivasi Dassault Systèmes untuk memberdayakan pengguna kami dengan berbagai kapabilitas dan workflow yang baru di SOLIDWORKS 2022," tuturnya dalam media briefing yang dilakukan secara virtual.

Sementara menurut 3DEXPERIENCE WORKS Portofolio Senior Manager, Design & Engineering, Dassault Systèmes, Craig Therrien, SOLIDWORKS versi terbaru ini menyajikan peningkatan berbasis pengguna yang dirancang untuk mempercepat workflow, memperluas akses ke data yang dapat digunakan, dan memfasilitasi kolaborasi yang seamless.

"Peningkatan ini termasuk optimalisasi lingkungan desain yang optimal, sehingga bisnis bisa berfokus pada inovasi sambil menghasilkan desain berkinerja tinggi yang meningkatkan kualitas produk sekaligus mempercepat proses pengembangan produk," tuturnya menjelaskan.

Lebih lanjut Craig mengatakan, dengan kehadiran berbagai solusi yang dapat dikustomisasi dan fleksibel, SOLIDWORKS 2022 dapat meningkatkan kapabilitas dan workflow yang digunakan untuk melakukan desain, dokumentasi, manajemen data, dan validasi. Tidak hanya itu, para inovator juga dapat bekerja lebih cerdas dan lebih cepat.

SOLIDWORKS 2022 juga memberikan peluang bagi para inovator memanfaatkan kemampuan kolaborasi yang ada pada platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes. Pengguna dapat memperluas kapabilitasnya untuk mengatasi berbagai tantangan, mulai dari desain hingga manufaktur, sekaligus memungkinkan komputasi dan kolaborasi berbasis cloud.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beberapa Peningkatan di SOLIDWORKS 2022

Untuk mengetahui peningkatan yang hadir di SOLIDWORKS 2022, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kinerja Perakitan dan Alur Kerja

Memungkinkan pengguna bekerja lebih cepat saat menggarap berbagai assembly (perakitan) besar, karena workflow pada rilis terbaru SOLIDWORKS 2022 sudah diperluas dan kinerjanya ditingkatkan.

2. Mode Detailing yang Diperluas

Pengguna akan memiliki akses mode Detailing untuk semua gambar apa pun versi SOLIDWORKS-nya, termasuk apabila disimpan dalam mode Detailing.

3. Dimensi dan Toleransi Geometris yang Lebih Efisien

Dengan peningkatan yang dihadirkan, pengguna sekarang bisa bekerja secara langsung di area grafis yang dipandu tampilan antarmuka dalam membangun feature control frame sel demi sel.

4. Hybrid Modeling

Kini, pengguna juga bisa menghemat waktu saat bekerja dengan mesh geometry menggunakan hybrid modelling, membuat sebuah hybrid solid atau surface body yang mencakup mesh BREP geometry maupun BREP geometry klasik.

5. Peningkatan Modelling Part

Pembuatan geometri part kini lebih cepat, termasuk lebih mudah dalam membuat ulir buat stud menggunakan Stud Wizard, sekaligus membuat draft di kedua parting line secara bersamaan.

6. Dukungan Cut List di Tabel Bill of Material (BOM)

Pengguna juga dapat memanfaatkan fungsionalitas BOM dengan meningkatkan cut list, sehingga hemat waktu dan dapat membuat cut list lebih mendetail di tabel BOM.


Peningkatan Lain yang Ada di SOLIDWORKS 2022

7. Tabel Konfigurasi

Pengguna juga dapat menghemat waktu dengan membuat konfigurasi menggunakan workflow terintegrasi yang sudah disederhanakan.

8. Sistem Struktur dan Perbaikan Pengelasan

Dalam SOLIDWORKS 2022, pengguna dapat pula membuat pengelasan dengan lebih cepat dan mudah, karena adanya peningkatan sistem struktur.

9. Peningkatan Performa pada Import dan Display

Peningkatan di SOLIDWORKS 2022 juga dapat mempercepat proses desain melalui performa fitur import dan model display.

10. Kolaborasi dan Data Sharing yang Ditingkatkan

Berbekal luasnya portofolio 3DEXPERIENCE Works, pengguna dapat menghubungkannya dengan SOLIDWORKS 3D CAD ke platform 3DEXPERIENCE berbasis cloud, Jadi, pengguna dapat dengan mudah mengelola sekaligus berbagi semua data dan berkolaborasi dengan orang lain.

11. Bekerja Bersama dengan Lebih Cerdas dan Cepat

Banyak peningkatan pada SOLIDWORKS 2022 dikembangkan supaya bisnis bisa bekerja lebih cerdas dan berfokus pada aktivitas bernilai tinggi, sambil memberikan sistem menangani task yang repetitif, rutin, dan memakan waktu.

(Dam/Tin)


Infografis Tentang Internet 5G

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya