5 Grammar Checkers untuk Memperbaiki Penulisan Bahasa Inggris Kamu, Gratis!

Merasa ragu dengan tata bahasa Inggris kamu? Ini dia rekomendasi Grammar Checkers yang bisa membantu memperbaiki tulisan kamu.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 13 Sep 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi orang sedang mengetik
Ilustrasi orang sedang mengetik. Kredi: Pixabay/StartupStockPhotos

Liputan6.com, Jakarta - Kamu ingin menulis sebuah caption dalam bahasa Inggris untuk postingan media sosial? Atau kamu ingin menulis esai bahasa Inggris untuk tugas kuliah?

Bahasa Inggris nyatanya saat ini tidak hanya sebagai kebutuhan untuk berkomunikasi, tetapi juga pendukung kemampuan yang kamu miliki. Banyak sekali lowongan pekerjaan, tawaran beasiswa, bahkan kompetisi, menguji kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Kali ini Tekno Liputan6.com memberikan rekomendasi situs web yang bisa membantu memperbaiki tata bahasa Inggris kamu, terutama dalam kepenulisan.

Dikutip dari Hostinger Tutorials, Selasa (12/9/2023), beberapa masalah utama yang dapat diperbaiki oleh pemeriksa tata bahasa atau grammar checker, meliputi:

  • Kesalahan ketik atau typo.
  • Passive Voice
  • Tanda baca
  • Pemborosan kata dalam kalimat atau teks.

Empat masalah tersebut akan terdeteksi oleh grammar checker dan bakal segera diperbaiki menjadi lebih sesuai dan efektif.

Berikut kami rekomendasikan situs web grammar checker yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki tulisan kamu.

1. Grammarly

Grammarly menjadi pemeriksa tata bahasa terbaik yang paling banyak digunakan di internet, dengan pengguna sebanyak 20 juta orang. Grammar checker yang satu ini disukai karena kompatibilitasnya dengan semua browser internet populer dan Microsoft Office.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasang Grammarly keyboard di smartphone kamu dengan mudah dan gratis dalam penggunaannya. Setelah kamu mendapatkan ekstensinya, akan ada indikator di pojok kanan bawah setiap kotak teks dan menunjukkan berapa banyak kesalahan tata bahasa di dalamnya.

Grammarly juga bisa mengenali berbagai istilah teknis, sehingga segala singkatan dan akronim dapat terbaca.


Grammar Checker Juga Bisa Meringkas Tulisan

English Grammar
Periksa tata bahasa Inggris kamu. (Pexels/Ivan Samkov)

2. Hemingway

Grammar checker yang satu ini tersedia dalam bentuk aplikasi.  Dilansir Hostinger Tutorial, Selasa (29/8/2023), nama Hemingway sendiri, diambil dari nama penulis terkenal asal Amerika, Ernest Hemingway. Penulis yang terkenal dengan tulisan-tulisan pendek dan efektif.

Mungkin ini yang menjadi alasan disediakannya layanan peringkas teks dalam aplikasi ini. Tidak hanya memeriksa tata bahasa, aplikasi ini juga memastikan kamu tidak menulis kalimat yang panjang dan rumit.

Hemingway akan memberikan saran untuk menggunakan kata keterangan dan kalimat pasif seminimal mungkin. Selian itu, kamu juga akan diberi alternatif sederhana untuk kata-kata yang bisa kamu gunakan.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diberi saran pilihan untuk membagi kalimat yang panjang dan rumit menjadi dua kalimat atau lebih. Tujuan dari adanya layanan ini adalah untuk membantu pengguna dapat menyampaikan ide-idenya dengan jelas dan mudah dimengerti.


Grammar Checker Ini Bisa Memeriksa Lebih dari 20 Bahasa

Internasional
Grammar Checker untuk memeriksa lebih dari 20 bahasa. (pexels/Aliaksei Lepik)

3. Language Tool

Keunggulan dari grammar checker yang satu ini adalah kemungkinan kamu dapat memeriksa tata bahasa lebih dari 20 bahasa. Bahkan, dengan alat ini kamu bisa memperbaiki bahasa Inggris yang berbeda-beda, seperti bahasa Inggris Amerika, Inggris British, Amerika Selatan, dan Australia.

Kamu dapat menggunakan Language Tool dalam dua versi, berbasis web atau ekstensi browser secara gratis. Cara menggunakannya juga mudah, kamu hanya perlu menuliskan teks yang ingin kamu periksa, kemudian klik Check Text.

Dengan begitu kamu dapat melihat letak kesalahan tata bahasa kamu dan memberikan saran kata untuk memperbaikinya.

4. WhiteSmoke

WhiteSmoke menawarkan pengecekan tata bahasa, kesalahan ejaan, gaya bahasa, dan koreksi tanda baca. Kamu juga dapat dengan mudah mengaksesnya melalui smartphone, PC, maupun situs web.

Tidak hanya memberikan tampilan dalam bentuk teks, grammar checker yang satu ini juga menyediakan video dan tutorial tertulis untuk meningkatkan kemampuan menulis, ejaan, dan tata bahasa kamu.

Lebihnya, disediakan juga pemeriksaan plagiarisme terintegrasi dan mendukung grammar checker di Gmail.


Layanan Parafrasa Juga Disediakan oleh Grammar Checker Ini

Ilustrasi mengerjakan tugas, mengetik
Layanan Parafrasa Juga Disediakan oleh Grammar Checker Ini. (Pexels/cottonbro studio)

5. Quillbot

Rekomendasi grammar checker selanjutnya adalah Quillbot. Sama seperti grammar checker sebelumnya, Quillbot juga menyediakan layanan gratis.

Dirangkum dari Neil Chase Film, Selasa (29/8/2023), layanan yang diberikan bukan hanya pemeriksaan tata bahasa, tetapi juga parafrasa, pemeriksaan plagiarisme, peringkasan, pembuat sitasi atau kutipan, juga penerjemah.

Pilihan bahasa juga disediakan, kamu bisa memilih bahasa Inggris Amerika, Inggris Kanada, Inggris British, atau Inggris Australia. Grammar checker yang satu ini sangat membantu bagi pelajar, mahasiswa, dan penulis.

Quillbot menyediakan tujuh fitur yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

  • Standard Mode, fitur yang mengubah teks kamu tanpa mengubah arti dan membuatnya terlihat orisinal.
  • Fluency Mode, fitur yang memperbaiki tata bahasa.
  • Creativity Mode, fitur yang melakukan perubahan besar pada teks kamu. Namun, risikonya adalah teks yang dihasilkan akan keluar dari konteks sebenarnya.
  • Formal Mode, fitur yang dapat kamu gunakan jika kamu ingin menulis dalam bahasa Inggris formal.
  • Shorten Mode, sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi memotong teks dan membuatnya lebih ringkas tanpa mengubah makna.
  • Expand Mode, berbeda dari fitur sebelumnya, fitur yang satu ini berguna untuk menambah kata-kata dan membuat teks menjadi lebih panjang.
Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal
Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya