Cari HP Flagship Harga Terjangkau? Ini Rekomendasi HP Rp 6-7 Jutaan yang Menggoda

Tekno Liputan6.com telah menghimpun rekomendasi 5 HP Android dengan harga Rp 6-7 jutaan terbaik yang menawarkan fitur kemampuan layaknya smartphone flagship.

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 07 Jun 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2024, 06:30 WIB
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone flagship merupakan ponsel yang jadi idaman semua orang. Segudang fitur dan kemampuan terbaik yang dimiliki menjadi alasan banyak orang yang menginginkan ponsel tersebut.

Kendati demikian, karena banderol harga yang cukup tinggi, tak semua orang bisa memiliki smartphone flagship idaman mereka.

Akibatnya, banyak orang yang mencari cara untuk memiliki ponsel flagship, seperti memilih untuk membeli HP bekas.

Namun, HP bekas memiliki banyak kelemahan bila dibandingkan dengan smartphone baru. Misalnya, HP bekas yang kamu beli tidak memiliki kondisi fisik yang baik, sehingga ada kemungkinan perangkat itu mudah rusak. 

Oleh sebab itu, ketimbang harus membeli HP bekas, sebenarnya ada banyak ponsel di rentang harga lebih terjangkau yang bisa kamu pilih.

Bagi kamu yang ingin cari HP berkualitas rasa flagship, Tekno Liputan6.com telah menghimpun rekomendasi HP di rentang harga Rp 6-7 jutaan yang memiliki fitur dan kemampuan layaknya HP flagship.

1. Samsung Galaxy S23 FE

HP pertama di daftar ini adalah Galaxy S23 FE. Smartphone ini merupakan opsi dari Samsung buat kamu yang ingin cari ponsel yang memiliki fitur yang mirip dengan Galaxy S23 reguler.

Samsung Galaxy S23 FE menawarkan beberapa daya tarik yang bisa kamu lirik, yaitu kamera, desain, serta performa.

Dari sektor kamera misalnya, Galaxy S23 FE yang memiliki chipset Exynos 2200 ini, didukung pemrosesan gambar dengan kecerdasan buatan (AI). 

Fitur Nightography andalan Samsung dihadirkan lagi di smartphone ini, lengkap dengan sensor kamera yang setara Galaxy Seri Z maupun S lainnya.

HP Samsung ini datang dengan tiga kamera belakang yaitu telefoto 3x 8MP, ultra-wide 12MP, serta lensa wide 50MP yang ditingkatkan.

Soal desain, Samsung juga menghadirkan berbagai warna yang menarik buat Galaxy S23 FE.

Ada lima pilihan warna, yaitu Mint, Purple, Graphite, Cream, dan Indigo yang dilapisi bahan metal premium. Jadi, cocok buat konsumen yang mencari perangkat yang unggul secara performa, serta menarik untuk dilihat. 

Exynos 2200 di HP ini sanggup menjalankan beragam game secara mulus dan lancar. Tak hanya itu, sistem pendingin Vapor Chamber besar juga dapat menjaga suhu HP tak cepat panas.

Hadir dengan fitur-fitur setara flagship tadi, Samsung Galaxy S23 FE bisa kamu miliki dengan harga Rp 7.759.000 untuk varian RAM 8GB/ROM 128GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Xiaomi 13T

Penampakan Xiaomi 13T
Penampakan Xiaomi 13T hasil kolaborasi dengan teknologi kamera Leica. Xiaomi 13T hadirkan tiga opsi warna yakni meadow green, alphine blue, dan classic black. Warna Xiaomi 13T dalam foto ini adalah meadow green (Liputan6.com/ Yuslianson). 

Rekomendasi berikutnya ialah Xiaomi 13T. HP ini jadi banyak diminati karena kualitas kamera jempolan, serta desainnya yang mewah.

Salah satu fitur unggulan dari Xiaomi 13T adalah kamera Leica yang terdiri dari tiga kamera belakang, serta satu kamera depan.

Kamera belakangnya meliputi 50 MP (f/1.9) dengan sensor Sony IMX707 dan OIS, 50 MP (f/1.9) telefoto dengan zoom optik 2x, dan 12 MP (f/2.2) ultrawide. Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP (f/2.4).

Adanya kolaborasi Leica di HP ini mampu hasilkan foto bagus, detail, dan warna natural.

Xiaomi 13T memiliki desain elegan dan premium. Sebagai informasi, HP ini memiliki dua jenis bahan bodi belakang yang berbeda tergantung warna yang dipilih.

Untuk warna Alpine Blue, Xiaomi mengusung material "vegan leather". Penggunaan material tersebut membuat HP ini tidak licin dan bebas dari bekas sidik jari saat dipegang.

Sementara itu, untuk varian Meadow Green dan Black, Xiaomi mengadopsi material kaca glossy untuk bodi bagian belakang ponsel.

HP ini ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 8200 Ultra dengan kecepatan 3,1GHz, yang mampu melibas game dengan frame rate tinggi.

Minat untuk meminang Xiaomi 13T? Kamu bisa miliki HP ini dengan harga Rp 6.499.000.


3. Oppo Reno 11 5G

Oppo Reno 11
Tampilan Oppo Reno 11 yang telah resmi diperkenalkan di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Di posisi ketiga ada Oppo Reno 11. HP ini membawa sejumlah terobosan baru, baik dari sisi sisi desain serta kehadiran teknologi Ultra-Clear Portrait Camera System generasi terbaru. Ini mempertegas posisinya sebagai The Portrait Expert.

HP Oppo ini memiliki layar 3D Curved Screen dengan refresh rate 120Hz, serta baterai besar yang sudah dilengkapi teknologi pengisian daya SuperVOOC.

Oppo Reno 11 mengusung layar berukuran 6,7 inci FHD+ dengan resolusi 2412x1080.

Di sektor kamera, HP ini menggunakan kamera utama 50MP yang dibekali OIS. Sementara dua kamera lain terdari dari lensa telephoto 32MP dengan 2x optical zoom dan 20x digital zoom, serta lensa wide angle 8MP.

Soal dapur pacu, smartphone ini dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 7050 yang dipadukan RAM 8GB dan ROM 256GB.

Bagi kamu yang tertarik membeli Oppo Reno 11 5G, kamu bisa pinang ponsel ini di harga Rp 5.999.000.


4. Vivo V30

vivo V30.
vivo V30.

Selanjutnya ada Vivo V30. HP ini menghadirkan desain elegan dengan kemampuan kamera andal.

Vivo V30 mengusung tampilan yang stylish berkat adopsi 3D Curved Screen yang menambah sentuhan premium seraya memberikan kenyamanan ketika digenggam.

Desain elegan dari V30 juga dibarengi dengan bodi tipis dan ringan Sebagai informasi, HP ini memiliki ketebalan hanya 7,45mm.

Dari segi layar, vivo V30 dibekali layar 1.5 AMOLED Display berukuran 6.78 inci yang dipadukan dengan Punch-Hole Display.

Sebagai penopang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung fitur FlashCharge 80W. Dengan kemampuan itu, Vivo mengklaim baterai smartphone ini dapat terisi penuh dari hanya dalam waktu 43 menit.

Vivo membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 7 Gen 3 yang mampu melibas mayoritas aplikasi maupun game terkini di Play Store.

Untuk menjamin HP ini nyaman dipakai. Vivo pun memberikan jaminan perlindungan performa baterai hingga 4 tahun di V30.

Menjalankan Funtouch OS 14 berbasis Android 14, Vivo menjanjikan update Android hingga 2 tahun dan update keamanan hingga 3 tahun. Di Indonesia, harga Vivo V30 dibanderol Rp 6.999.000 untuk varian RAM 12GB/ROM 512GB.


5. Realme 12 Pro Plus 5G

Realme 12 Pro Plus 5G
Realme 12 Pro Plus Resmi Meluncur. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Daftar terakhir diisi Realme 12 Pro Plus 5G. HP ini mengusung fotografi sebagai fitur andalan.

Hal itu bukannya tanpa alasan. Sebab, Realme mengklaim telah membenamkan kemampuan fotografi flagship di Realme 12 Pro Plus yang ditujukan sebagai perangkat kelas mid-range.

Fitur flagship yang dimaksud adalah kehadiran lensa telefoto periskop. Realme mengklaim lensa tersebut hanya ada di Realme 12 Pro Plus 5G di kelas harganya.

Bicara soal spesifikasi, HP Realme ini menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2. Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung fitur pengisian daya SuperVOOC 67W.

Smartphone ini memiliki layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan desain melengkung di kedua sisinya.

Menjalankan Realme UI 5 berbasis Android 14, smartphone ini telah dilengkapi sertifikasi IP65, Dual Speaker dengan Dolby Atmos, hingga pemindai sidik jari di layar.

Beralih ke fotografi, perangkat ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa periskop 64MP, lensa utama 50MP dengan sensor Sony IMX890, dan lensa ultrawide 8MP. Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP.

Tertarik dengan HP ini, Realme 12 Pro Plus 5G bisa kamu dapatkan di harga Rp 6.999.000 untuk RAM 12GB/ROM 512GB.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya