Warganet Salah Fokus, Apa HP yang Digunakan Presiden Jokowi untuk Selfie di Hari Kebaya Nasional?

Sejumlah warganet salah fokus dengan HP yang digunakan Presiden Jokowi untuk selfie bersama ibu-ibu yang mengenakan kebaya di Hari Kebaya Nasional 2024. Tipe ponsel apakah itu?

oleh Iskandar diperbarui 26 Jul 2024, 10:03 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 10:03 WIB
Presiden Joko Widodo selfie bersama di Hari Kebaya Nasional 2024. Credit: Instagram/@jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) selfie bersama ibu-ibu yang mengenakan kebaya di Hari Kebaya Nasional 2024. Credit: Instagram/@jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadi Presiden Joko Widodo alias Jokowi, sejumlah warganet salah fokus dengan HP yang digunakan beliau untuk selfie bersama ibu-ibu yang mengenakan kebaya.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (26/7/2024), momen spesial ini dibagikan Jokowi di Hari Kebaya Nasional pada Rabu, 24 Juli 2024.

"Saya bersama Ibu Iriana mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk mencintai kebaya sebagai bagian dari budaya kita," tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya @jokowi.

Banyak warganet yang penasaran, apa tipe ponsel yang digunakan presiden Indonesia ke-7 tersebut.

"Lah gagal fokus hapenya sama kaya gue, jadi bangga pake Oppo," tulis @eki*** di kolom komentar.

"Slide kedua Hp nya bagus pak, hp apa itu?," tanya seorang warganet dengan akun @wah***

"Wah bapak slide ke 2 selfienya pake hp keren apa tuh?," tanya warganet lainnya dengan akun @sel***

"Bagus banget hpnya pak, pake Oppo lagi mantul," timpal @eka***

Lantas, apa HP yang digunakan Jokowi untuk ber-selfie bersama ibu-ibu cantik tersebut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ini Tipe HP Oppo yang Digunakan Jokowi

Mobile World Congress 2023
Pekerja menguji kamera ponsel pintar Oppo Find N2 Flip selama Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol, pada Rabu 1 Maret 2023. Setelah tiga tahun mengalami gangguan akibat pandemi, MWC dimulai pada hari Senin di Barcelona, Spanyol, dengan para produsen ponsel yang memamerkan perangkat baru dan para eksekutif industri telekomunikasi yang memeriksa peralatan dan perangkat lunak jaringan terbaru. (AP Photo/Joan Mateu Parra)

Dari unggahan itu terlihat bahwa perangkat yang digunakan Jokowi adalah HP layar lipat Oppo Find N2 Flip.

Untuk diketahui, Oppo Find N2 Flip merupakan ponsel layar lipat pertama Oppo di Indonesia, sekaligus smartphone flagship pertama yang diproduksi di pabrik Oppo dalam negeri.

HP layar lipat yang diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2023 ini dilengkapi cover screen berukuran 3,26 inci dengan kecerahan puncak 900 nits.

Untuk layar utamanya berukuran 6,8 inci LTPO, dengan refresh rate 120Hz, dan resolusi 2520 x 1080. Layarnya juga menggunakan panel E6 AMOLED dan memiliki kecerahan puncak hingga 1600 nits.

Di sektor kamera, terdapat 50MP main camera dengan sensor Sony IMX890 f/1.8, 8MP ultra-wide dengan Sony IMX 355 f/2/2, serta kamera depan 32MP Sony IMX709 f/2.4.

Kamera utamanya merupakan hasil pengembangan bersama Hasselblad, salah satu produsen kamera kelas atas yang menyajikan berbagai foto detail berukuran ekstra besar.


Fitur Fast Charging 44W SuperVOOC

Oppo Find N2 Flip
Oppo Find N2 Flip Wimbledon Edition yang hanya tersedia untuk konsumen di Indonesia. (Liputan6.com/Giovanio Dio Prasasti).

Salah satu ciri khas fitur kameranya adalah XPAN, menghasilkan foto wide dengan filter black and white.

Bukan itu saja, kedua kamera belakang Find N2 Flip ini juga didukung MariSilicon X Imaging NPU, sebuah chipset khusus yang dikembangkan Oppo untuk dapat meningkatkan kualitas foto dan video secara real-time.

Sementara prosesornya menggunakan MediaTek Dimensity 9000+ dan baterainya sebesar 4.300mAh yang telah mendukung pengisian daya cepat 44W SuperVOOC.

Saat kali pertama dirilis, Oppo Find N2 Flip dibanderol dengan harga Rp 14.999.000.

Saat ini, HP layar lipat tersebut dijual Rp 10 jutaan (kondisi baru) di sejumlah e-commerce. Sementara kondisi second-nya, rata-rata dijual Rp 7 jutaan.

 


Pemerintah Ajukan Kebaya ke dalam Nominasi UNESCO

Iriana saat Hadir di Acara Hari Kebaya Nasional 2024
Iriana saat Hadir di Acara Hari Kebaya Nasional 2024. [@jokowi]

Kembali ke topik Hari Kebaya Nasional, Jokowi mengungkapkan bahwa berbagai jenis kebaya akan diajukan dalam nominasi UNESCO bersama empat negara ASEAN lainnya.

Antara lain mulai dari kebaya Labuh dari Sumatera, kebaya Kutu baru dari Jawa, kebaya Noni dari Sulawesi Utara, kebaya Nona dari wilayah Timur Maluku dan Papua, hingga kebaya Kerancang.

"Pada Hari Kebaya Nasional ini, mari kita melestarikan kebaya agar kebudayaan kita tetap hidup dan tidak punah," Jokowi menambahkan dalam unggahan di Instagram.


Infografis Asal kata kebaya dari berbagai pengaruh bangsa. (dok. Abdillah/Liputan6.com)

Infografis: Asal-usul Kata Kebaya
Asal kata kebaya dari berbagai pengaruh bangsa. (dok. Abdillah/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya