Top 3 Tekno: Fitur Anti Maling di Android hingga Durasi YouTube Shorts Kini Sampai 3 Menit

Fitur keamanan Android dari Google untuk melindungi perangkat pengguna dari pencurian atau maling menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

oleh Iskandar diperbarui 07 Okt 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 11:00 WIB
Logo Android 15
Logo Android 15 (Dok.Google)

Liputan6.com, Jakarta - Fitur keamanan Android dari Google untuk melindungi perangkat pengguna dari pencurian atau maling menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (6/10/2024) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari pengguna atau kreator YouTube yang kini bisa mengunggah Shorts dengan durasi sampai tiga menit.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Google Luncurkan Fitur Keamanan Baru Android, Maling Bakal Ketar-Ketir

Google diketahui telah mulai merilis fitur keamanan Android untuk melindungi perangkat pengguna dari pencurian. Adapun fitur tersebut adalah Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Mengutip informasi dari Engadget, Minggu (6/10/2024), fitur baru Android ini bertujuan untuk memberikan pengguna cara cepat mengunci perangkat mereka, apabila perangkat tersebut dicuri. Jadi, pencuri tidak bisa mengakses informasi di dalamnya.

Kehadiran fitur baru ini dilaporkan sejumlah pengguna di media sosial. Menurut laporan, fitur ini sudah menyambangi beberapa model HP Android seperti Xiaomi 14T Pro, serta beberapa model Google Pixel.

Kendati demikian, ada kemungkinan Google baru menggulirkannya secara terbatas. Karenanya, belum semua pengguna HP Android bisa mengaktifkan fitur ini.

Dijelaskan Google, Theft Detection Lock merupakan fitur yang membantu pengguna ketika aksi kejahatan terjadi. Fitur ini memanfaatkan AI untuk mendeteksi apabila perangkat dirasa tiba-tiba berpindah tangan.

Sebagai contoh, ketika pengguna sedang berjalan dan seseorang mengambil ponsel secara tiba-tiba, fitur ini dapat mendeteksinya. Kemudian, HP Android tersebut akan otomatis mengunci perangkat, sehingga pencuri tidak dapat membukanya.

Baca selengkapnya di sini 


2. YouTube Shorts Makin Seru! Durasi Video Kini Sampai 3 Menit

YouTube Shorts
YouTube Shorts resmi hadir di Indonesia. (Doc: YouTube)

Kabar menyenangkan buat kamu kreator dan penggemar YouTube Shorts. Sebab, YouTube baru saja mengumumkan beberapa pembaruan untuk Shorts yang menjadikan pengalaman membuat konten lebih mudah dan menyenangkan.

Sejumlah pembaruan YouTube Shorts itu termasuk di antaranya tools baru buat berekspresi hingga fitur yang membuat pengguna lebih update dengan tren terbaru.

Dikutip dari laman resmi Blog YouTube, Sabtu (5/10/2024) mulai 15 Oktober, pengguna atau kreator YouTube bisa mengunggah Shorts dengan durasi sampai tiga menit.

Ini merupakan salah satu fitur Shorts yang paling banyak diminta oleh kreator. Jadi, pengguna sekarang punya lebih banyak fleksibilitas buat menceritakan kisah mereka.

Video yang diunggah sebelum tanggal tersebut tidak akan terpengaruh. Karenanya, dalam beberapa bulan ke depan, YouTube akan terus mengembangkan rekomendasi untuk Shorts yang lebih panjang.

Selain itu, tampilan baru pemutar video Shorts sekarang lebih rapi. Jadi, pengguna bisa lebih fokus ke konten video pendek yang disukai.

Baca selengkapnya di sini 


3. Apple bakal Perkenalkan Modem 5G internal Bersama iPhone SE 4, Kapan?

iPhone SE 4
Bocoran desain dan spesifikasi iPhone SE 4. (Doc: Jon Prosser x Ian Zelbo)

Apple disebut akan segera merilis iPhone SE terbaru (iPhone SE 4), yang akan menjadi pembaruan pertamanya untuk model kelas bawah sejak tahun 2022.

Menurut laporan 9to5Mac, dikutip dari Engadget, Minggu (6/10/2024), Apple juga berencana untuk menggunakan ponsel tersebut sebagai landasan peluncuran modem 5G internal besutannya.

Apple diketahui membeli sebagian besar bisnis modem ponsel pintar Intel seharga USD 1 miliar pada 2019 karena ingin lebih mandiri dan secara agresif merekrut staf untuk mewujudkannya.

Namun, perusahaan belum merilis perangkat yang menggunakan modem yang dirancang oleh tim internalnya sendiri.

Apple dan Qualcomm memiliki sejarah yang agak rumit. Qualcomm menggugat Apple pada tahun 2017, menuduhnya melanggar paten yang terkait dengan kemampuan ponselnya untuk terhubung dengan cepat ke internet setelah dinyalakan.

Juga paten yang terkait dengan efisiensi baterai, pemrosesan grafis, dan kemampuan aplikasi untuk mengunduh data lebih cepat.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya