YouTube Shorts Makin Seru! Durasi Video Kini Sampai 3 Menit

YouTube Shorts kini memungkinkan pengguna membuat video hingga tiga menit. Selain itu, ada banyak fitur baru lainnya.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 06 Okt 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 12:00 WIB
YouTube
Ilustrasi YouTube Shorts. (Foto: YouTube)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar menyenangkan buat kamu kreator dan penggemar YouTube Shorts. Sebab, YouTube baru saja mengumumkan beberapa pembaruan untuk Shorts yang menjadikan pengalaman membuat konten lebih mudah dan menyenangkan.

Sejumlah pembaruan YouTube Shorts itu termasuk di antaranya tools baru buat berekspresi hingga fitur yang membuat pengguna lebih update dengan tren terbaru.

Cerita di Shorts Jadi Lebih Seru

Dikutip dari laman resmi Blog YouTube, Sabtu (5/10/2024) mulai 15 Oktober, pengguna atau kreator YouTube bisa mengunggah Shorts dengan durasi sampai tiga menit. 

Ini merupakan salah satu fitur Shorts yang paling banyak diminta oleh kreator. Jadi, pengguna sekarang punya lebih banyak fleksibilitas buat menceritakan kisah mereka.

Video yang diunggah sebelum tanggal tersebut tidak akan terpengaruh. Karenanya, dalam beberapa bulan ke depan, YouTube akan terus mengembangkan rekomendasi untuk Shorts yang lebih panjang.

Selain itu, tampilan baru pemutar video Shorts sekarang lebih rapi. Jadi, pengguna bisa lebih fokus ke konten video pendek yang disukai. 

Kreasi Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Punya Shorts favorit? Sekarang pengguna bisa dengan mudah remix video tersebut dengan fitur template. Kamu bisa mengikuti tren terbaru, menyesuaikan klip dengan musik yang lagi hits, dan menambahkan gaya unikmu sendiri.

Cukup ketuk Remix pada Short yang menginspirasimu, lalu pilih 'use this template' untuk memulai. Selain itu, dalam beberapa bulan ke depan, pengguna juga bisa remix klip dari berbagai video di YouTube langsung dari kamera Shorts.

Beberapa minggu lalu, YouTube juga mengumumkan kalau teknologi terbaru dari Google DeepMind, Veo, akan hadir di Shorts. Kreator bakal bisa membuat video dengan latar belakang yang lebih keren dan klip video yang berdiri sendiri.


YouTube Shorts Bahkan bisa Mengatur Tampilan Feed Sesuai Selera Kamu

YouTube Shorts
YouTube Shorts resmi hadir di Indonesia. (Doc: YouTube)

Engagement Lebih Dalam dengan Komunitas

Sekarang ada halaman tren Shorts baru di aplikasi mobile yang membuat pengguna tidak akan ketinggalan tren terbaru di negara mereka. Mereka bisa melihat konten yang sedang hits, mendapatkan inspirasi, dan ikut dalam tren tersebut.

Nantinya, pengguna juga bisa lihat preview komentar di Shorts langsung dari feed, tanpa perlu masuk ke halaman komentar. Ini membuat pengguna bisa tahu lebih cepat apa yang dibicarakan orang lain tentang video itu. 

Atur Tampilan Feed Sesuai Selera

YouTube juga memperkenalkan opsi baru buat kamu yang ingin mengatur tampilan feed Shorts.

Kalau ingin melihat lebih sedikit Shorts, pengguna bisa pilih opsi 'Show fewer Shorts' dengan mengklik menu titik tiga di kanan atas grid Shorts. Jadi, siap mengembangkan Shorts-mu ke level berikutnya? 


YouTube Shorts Makin Canggih dengan AI, Uji Coba Fitur Rangkum Komentar

YouTube Shorts
YouTube Shorts. (Doc: YouTube)

Sebelumnya, perusahaan milik Google ini tengah menguji fitur rangkuman komentar di Shorts.

Sebagai informasi, Google kerap kali melakukan uji coba fitur baru di berbagai produk miliknya. Beberapa fitur yang diuji hanya dapat dinikmati sebagian kecil pengguna, tapi jarang fitur tersebut diluncurkan secara luas.

Seakan tak mau berhenti, kini YouTube akan menghadirkan fitur serupa. Namun bedanya, fitur perangkum komentar ini akan hadir di video YouTube Shorts.

Dikutip dari Android Headlines, Kamis (13/6/2024), YouTube akan hadirkan fitur yang merangkum komentar berdasarkan topik yang banyak diperbincangkan di komentar YouTube Shorts.

Kendati demikian, fitur tersebut hanya tersedia di aplikasi mobile. Selain itu, fitur perangkum komentar ini masih diuji sehingga hanya sebagian kecil pengguna yang dapat menikmatinya.

Dijelaskan pula, fitur perangkum komentar hanya tersedia di video YouTube Shorts dengan jumlah penayangan dan komentar yang banyak.

YouTube mengungkapkan komentar yang dapat dirangkum adalah komentar yang dipublikasikan. Artinya, komentar yang ditinjau oleh pihak Community Guideline Youtube tidak dapat dirangkum.

Belum diketahui kapan YouTube akan menerapkan fitur perangkum AI secara luas. Namun, ada bocoran yang menyebut dengan adanya uji coba ini, ada kemungkinan YouTube akan merilis fitur ini ke lebih banyak pengguna Shorts. 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya