Lensa Ini Bisa Sulap Kamera Smartphone Seperti DSLR?

Ketika disematkan pada kamera beresolusi tinggi di ponsel Sony, lensa ini dapat menghasilkan foto berkualitas layaknya kamera profesional.

oleh Denny Mahardy diperbarui 22 Jul 2013, 09:49 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2013, 09:49 WIB
smartphon-130722b.jpg

Fitur kamera pada awalnya disematkan hanya sebagai tambahan di perangkat ponsel. Namun, seiring pertumbuhan teknologi dan kebutuhan masyarakat, lambat laun fitur itu berubah dari sekedar tambahan menjadi salah satu fitur utama di ponsel.

Perusahaan pembuat ponsel hasil patungan Sony dan Ericsson, Sony Ericsson, pernah membuatkan ponsel T68i yang menyediakan kamera sekedar aksesoris tambahan. Kala itu, kamera tambahan untuk T68i masih menggunakan teknologi kamera biasa.

Sekarang, Sony kembali membuat sebuah aksesoris tambahan untuk meningkatkan kinerja kamera di ponsel buatannya. Berbeda dengan fungsi pendahulunya yang dibuat dengan kemampuan terbatas, aksesoris ini dibuat dengan kemampuan lebih canggih.

Aksesori baru ini dapat berfungsi sebagai lensa tambahan yang biasa diperuntukan untuk kamera kelas atas. Ketika disematkan pada kamera beresolusi tinggi di smartphone Sony, lensa ini dapat menghasilkan foto berkualitas layaknya kamera profesional.

Seperti dikutip dari SonyAlpha Rumors, Senin (22/7/2013), lensa ini dilengkapi dengan sensor, baterai dan ruang penyimpanan sendiri. Lensa canggih layaknya gadget James Bond itu bernama SR5.

Tak hanya itu, SR5 juga bisa dikoneksikan ke smartphone atau dipakai terpisah. Hasil jepretan foto ketika dipakai terpisah bisa dikirimkan melalui fitur komunikasi NFC atau WiFi yang tersemat di dalamnya. Jadi perangkat ponsel dapat dipakai jadi sekedar layar viewfinder.

Spesifikasi SR5 disebut-sebut lumayan canggih, antara lain sensor Exmor R 20,2 megapiksel (MP) berukuran 1 inci dan lensa Zeiss f/1.8 seperti pada kamera Sony DSC-RX100M II. Sony juga disebutkan membuatkan model kamera kedua dengan sensor lebih kecil, namun memiliki zoom optikal lebih jauh.

Sementara ini Sony belum memiliki pesaing untuk teknologi di aksesoris ini. Semoga saja pperusahaan asal Jepang tersebut akan segera merilis perangkat tambahan ini. (den/dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya