Fonterra Siap Pasok 12 Ribu Ton Susu ke Pasar Indonesia

Sebanyak 12 ribu ton susu produksi pabrik PT Fonterra Brand Manufacturing dipastikan siap memenuhi kebutuhan susu di Indonesia per tahunnya.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 26 Mar 2014, 16:14 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2014, 16:14 WIB
Susu
(Foto: Susububuk.com)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 12 ribu ton susu produksi pabrik PT Fonterra Brand Manufacturing dipastikan siap memenuhi kebutuhan susu di Indonesia per tahunnya.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Suanto mengatakan, susu yang diolah dari pabrik baru Fonterra tersebut memang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan susu Indonesia yang masih terbilang kekurangan.

"Kita masih kurang domestik saja, 12 ribu ton, konsumsi domestik dalam negeri masih kurang," kata Panggah di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Panggah menambahkan, susu olahan yang dihasilkan pabrik tersebut bahan bakunya masih impor karena pasokan dari dalam negeri baru mampu mencukupi 690 ribu ton per tahun. Namun secara bertahap akan terus ditambah dari dalam negeri.

"Bahan baku secara bertap 21% dari dalam negeri, ini konsen bersama memperbanyak sapi-sapi," ungkap dia.

Panggah mengungkapkan, saat ini pemerintah dan perusahaan pengolah susu asal Selandia Baru tersebut mendidik masyarakat untuk membudidayakan sapi perahan untuk memenuhi kebutuhan susu dalam negeri.

"Itu men-set up dalam negeri tidak bisa dalam semalam, ini upaya  pemenuhan dalam negeri. Tahap awal sapinya diadakan, didik, membentuk koperasi bagaimana men set up bisnis koperasi ini bukan pekerjaan semalam, bekerjasam dengan kementerian lain," pungkasnya.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya