Siang Ini, Presiden SBY akan Menerima Hatta dan Chairul Tanjung

"Itu hak pregrogatif Presiden. Saya belum ada informasi mengenai hal itu," ujar Juru Bicara Presiden, Julian Pasha.

oleh Agustina Melani diperbarui 16 Mei 2014, 08:32 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 08:32 WIB
Duet Prabowo - Hatta Dimantapkan
Selain pengukuhan resmi koalisi partai berlambang matahari ini dengan Gerindra, masih ada poin penting lain dalam Rakernas PAN ini. Yaitu, pendeklarasian Ketum PAN Hatta Rajasa sebagai cawapres Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menerima Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul Tanjung yang akan datang bersama Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di kantor Presiden, Jumat (16/5/2014).

Juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha ketika ditanya kemungkinan Ketua KEN Chairul Tanjung akan diangkat menjadi Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa menjawab diplomatis.

"Itu hak pregrogatif Presiden. Saya belum ada informasi mengenai hal itu," ujar Julian, seperti dikutip dari situs Sekretaris Kabinet, hari ini.

Menurut Julian, nantinya Presiden SBY yang akan mengumumkan bila mana telah ada, dan telah dipastikan siapa nanti yang menempati pos Menko Perekonomian.

Adapun Hatta Rajasa sendiri seusai diterima Presiden, Rabu 13 Mei 2014 telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menko Perekonomian untuk maju menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subianto.

Mundurnya Hatta Rajasa dari jabatan Menko Perekonomian itu mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang disebutkan setiap menteri harus mundur jika ingin maju sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Pasal 6 ayat 1 UU Nomor 48 tahun 2008 ini menyebutkan semua pejabat negara termasuk menteri harus mundur jika ingin maju dalam pemilihan presiden.

Sementara itu, Chairul Tanjung (CT) sendiri saat ditanya wartawan seusai mengikuti rapat terbatas pada Rabu 14 Mei 2014 mengaku belum memperoleh kabar apa-apa, dan belum ada pernyataan apapun terkait kemunculan namanya sebagai calon pengganti Hatta Rajasa sebagai Menko Perekonomian.

"Belum ada informasi apapun, belum ada pernyataan apapun," tegas Chairul Tanjung.

Seperti diketahui, Chairul Tanjung yang juga disapa CT ini tercatat di majalah Forbes sebagai orang terkaya ketiga atau 375 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sekitar US$ 4 miliar atau sekitar Rp 46 triliun.

Pekerjaan yang dilakukan CT berbeda jauh dengan disiplin ilmu yang ditekuninya di bangku kuliah yaitu menuntut ilmu di fakultas kedokteran gigi Universitas Indonesia. Saat ini, Chairul Tanjung berkecimpung di bisnis pertelevisian dengan mendirikan Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7. Walaupun persaingan di industri pertelevisian semakin ketat, namun CT yakin Trans TV bisa terus berkembang melihat bahwa belanja TV nasional telah mencapai Rp angka 6 triliun setahun dan 70% di antaranya akan diambil oleh televisi.  (Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya